Jumat, 20 Juli 2012

Persiapan Program Pemberdayaan Ternak "Domba BERDIKARI" @SaKaDo_Academy



Akhirnya dengan mengucap بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم saya nyatakeun Program Pemberdayaan Ternak "Domba BERDIKARI dimulai.... !!!


Masih ingat kan mimpi saya mengenai proyek "Domba BERDIKARI" ? Menyambut bulan suci ramadhan besok, mari kita isi dengan langkah baru, semangat baru, dan tentu saja proyek pemberdayaan baru untuk melengkapi TAGLINE SaKaDo_Academy kita... 


Setelah urusan per-SAPI-an saya rasa sudah lumayan bisa running walau dengan nafas senin-kamis... , kita mulai langkah kecil ini dengan mulai borong kayu dan bata merah sebagai proses pencarian nafas buatan melalui proyek pembelajaran ternak DOmba-KAmbing dengan Jurus..."RooooTaaaaaSiiiiii InDuuKaan BunTiiing!!! "

Mari kita flashback sejenak program "Domba BERDIKARI" ini...


"Domba BERDIKARI" adalah program pemberdayaan Potensi WARGA KURANG MAMPU di DESA BINAAN melalui Program "Pelatihan-Pendampingan beternak secara Intensif di PeternakanSaKaDo dengan TUJUAN adanya peningkatan dalam bidang keterampilan Ternak, Kewirausahaan, Mental-Spiritual, dan Kelembagaan (kutip sana kutip sini.com).  


Konsep rotasi indukan ini secara teoritis merupakan jurusnya VillaDomba Soreang dalam menjalankan kemitraan ternak dengan warga sekitar ... ada 3 Domba indukan alumni Kandang Villa Domba yang saya miliki sebagai modal agar saya juga senantiasa mengingat para senior peternak yang rajin berbagi ilmu di duniamaya, plus pengalaman pahit pribadi dari paroan domba di kandang Cilenyi yang berujung kegagalan , sehingga saya ketemu wangsit jurus pilot project ROTASI INDUKAN BUNTING ini..



Alhamdulillah.. sebelum Program "Domba BERDIKARI" ini dimulai, proyek ujicoba Domba di PeternakanSaKaDo sudah di lakukan terlebih dahulu sebagai pemanasan dan penjajagan crew kandang untuk berperan lebih banyak dalam pengelolaan ternak, dengan mengambil lokasi di sebelah Sentral Sapi.. lumayan lah.. Nada dasar SApi, KAmbing dan DOmba nya jadi tambah seru....

Insya Allah sebagai salah satu program unggulan @PeternakanSaKaDo, kami akan coba buat lokasi kandang khusus "Domba BERDIKARI" yang terpisah.. agar domba-domba yang dikhususkan bagi para calon "KADER TERNAK" para Warga Binaan ini bisa menjadi pilot project konsep rotasi indukan di tempat lain...

RoadMap Program ini adalah mencerdaskan warga dan pengelola ...hehehe.. alias membawa keberkahan bagi semua pihak yang terlibat.. alias membawa manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat.. khususnya di Desa Babakan Asem...umumnya didunia dan akherat...


Tentu saja karena tujuan nya adalah menciptakan AGEN-AGEN TERNAK.. maka akan ada seleksi awal dulu dari warga yang akan dilibatkan.. agar saya bisa mendapatkan jaminan kepastian bahwa Program "Domba BERDIKARI" ini tidak kandas dalam satu siklus pemberdayaan... maklumlah, pendanaannya adalah amanah dari ZIS INDOSAT, jadi saya pun harus benar-benar bisa memastikan program titipan ini bisa berkembang sampai akhir zaman (lebay.com)...  atau Idealnya sih.. semua Kader Ternak itu bisa kaya Kang Doddy yang sukses dengan SAUNGDOMBA-nya ... ga muluk-muluk cita-cita saya mah.. 

" Saja sekarang berkata kepada Rakjat Indonesia,........... Mari kita berdiri diatas kaki kita sendiri. Djikalau kita memang satu bangsa jang merdeka, dan memang kita adalah satu bangsa jang merdeka, mari kita berdiri diatas kaki sendiri"

"Imperialisme bukan saja sistem atau nafsu menaklukkan negeri atau bangsa lain, tapi imperialisme bisa juga hanya nafsu atau sistem mempengaruhi ekonomi negeri dan bangsa lain. Ia tak usah dijalankan dengan pedang atau bedil atau meriam atau kapal perang, tak usah berupa pengluasan daerah negeri dengan kekerasan senjata sebagai diartikan oleh Van Kol, tetapi juga berjalan dengan "putarlidah" atau cara "halus-halusan"........................."
TARGET Program "Domba BERDIKARI" ini adalah menjadikan Warga Binaan (dan SHAREHOLDER PeternakanSaKaDo) PINDAH QUADRAN ke ZONA yang lebih baik, dengan sasaran  (Key Performance Indicator) KPI-nya sebagai PETERNAK, dapat terjadi : 
  • Peningkatan Pendapatan Peternak di desa binaan
  • Peningkatan kepemilikan asset produktif (domba bertambah dll)
  • Efisiensi Pemeliharaan (sistem kolektif, inti-plasma dll)
  • Etos kerja dan spiritual (Konsep Kandang Dunia-Akherat)
  • Kemandirian Kelembagaan (Mengurangi Impor kebutuhan pangan ... )
 "... rakyat juga bisa berperan untuk menjaga negeri ini dari kebangkrutan. Kesadaran dan kerja keras untuk menggenjot produksi dalam negeri dan menekan sisi konsumsi (import) dapat mencegah bangkrutnya negeri ini..."
Insya Allah... Setelah sukses mengajak penyandang dana program "Domba BERDIKARI" yaitu ZIS INDOSAT untuk terlibat dalam perintisan Bisnis Social di PeternakanSaKaDo ini, target saya selanjutnya adalah menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pemberdayaan sosial yang mempunyai unit bisnis yang bisa bersinergi dengan program pemberdayaan ternak ini. 
Let's see.. Kita Tunggu Tanggal Mainnya bagaimana Grand  Design yang saya cita-citakan ini bisa terlaksana.. mumpung ada hari-hari Ramadhan yang menjadi waktu dikabulkannya Doa.. maka kita kencangkan lagi doa-doa agar program pemberdayaan ternak ini bisa lancar dan membaca keberkahan bagi semua... 
Aaaaaamiiiiinnn.....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar