Selasa, 22 Mei 2012

Jurus ROTASI INDUKAN BUNTING ..... aplikasi "Buka USAHA dulu, Ntar baru usahanya DILAYAKKAN....!!..."

Judul blog kali ini saya kutip dari bukunya Ippho "Rigth" Santosa hal 60 tentang konflik bathin akibat slama ini terjebak materi kuliah "STUDI KELAYAKAN DULU, NTAR BUKA USAHA"

.... Sebenarnya sih ini juga gara-gara temen "Kongkow tiap Pekanan" yang selalu nyebut-nyebut tu'orang yg ngarang buku.. sampai tulisan ini dibuat, saya baru 2x dengar yang namanya Ippho Santosa (gara-gara mikiran SaKaDO, saya emang jadi super KUPER... ).. satu kali dari rekan senior saya di kantor sesama Shareholder SaKaDo, satunya lagi yaaa dari temen ini..  kalo kaya Mario teguh mah dari jaman kuliah thn 90-an doi emang udah oceh... jadi saya ga penasaran knapa disebut-sebut orang..

Mengapa saya harus ikutan beli bukunya Ippho?.. bukan apa-apa.. saya juga BARU TAU kalo si temen ini ternyata JURAGAN MADU kelas KAKAP ..(kalo yang ini Kuper nya gara-gara saya sibuk update blog SaKaDo..), saking kakapnya, dia bisa ajak temen-temen yang masih keluyuran alias nganggur atau masih kurang duit (kaya saya) untuk terlibat dalam bisnis madunya.. padahal biasanya orang malah ketakutan kalo bagi-bagi ilmu bisnis karena takut disaingin.. itulah hal yg memaksa saya ngikutin aja rahasia sukses bisnis beliau yang tiap minggu slalu di-sharing nya..

... Jadi kalo orang sekaliber dia rajin ngomongin kunci biar rejeki lancar (yang tricky nya selalu di kutip ke buku Ippho lagi Ippho lagi.. ), terpaksa biar saya juga bisa nyambung dan bisa kursus BELAJAR BISNIS MADU nya, saya harus menyamakan frekuensi dgn yg si juragan madu maksud.. 

Masih ingat kan kiat bisnis dari pa Muhaimin Iqbal? berbisnis lah berdasarkan apa yang ada di Quran, dijamin abadi bisnis nya.. KAMBING, DOMBA, SAPI .. dan MADU... !!!! Cuuuuucoook bangets dah!!! .. siapa tau sapi dan domba nya tambah sehat kalo saya kasih madu.. hehehehe

Ini hasilnya SETAHUN Kemudian... 
Studi Kelayakannya malah belum dibuat...alias pake punya buku karangan orang saja dahulu...
 28 April 2013

Kembali ke Judul Blog, "Buka USAHA dulu, Ntar baru usahanya DILAYAKKAN....!!..." Ini kejadian pribadi terkait dengan mass production proyek KAMBING-DOMBA.. yang selama ini memang belum bernah di utak atik mau diapakan arahnya.. berhubung selama ini saya masih fokus ke per-SAPI-an. Barulah setelah sabtu kemarin saya sidak ke kandang terkaget-kaget, karena total DOMBA yang digembala ternyata hampir mencapai 50 ekor!!! BUSYET dah.. selama ini saya hanya menghitung domba di foto bbm yang pa Kosim kirim....jadinya ga nyangka sudah sebanyak itu.. DAN ini memaksa saya jadi NGEBUT belajar Domba for Dummies  buat MELAYAKKAN USAHA Proyek NGAMBING-DOMBA...


Apalagi program "Domba BERDIKARI" sudah mulai di timang-timang akan diluncurkan.. sehingga proses menuju USAHA YANG LAYAK tersebut harus makin ngebut lagi..  ibarat untaian PUZZLE, sedikit demi sedikit mulai kelihatan VISI MISI dalam memberdayakan warga via ternak domba akan di BAGAIMANA kan.. tinggal BIMBEL Online dari suhu-suhu pemberdayaan domba semacam VillaDomba, LegiunDomba dll.. akan bisa ditarik benang merah berdasarkan pengalaman-pengalaman para senior ternak domba tersebut.

Konsep ROTASI INDUKAN BUNTING ini secara teoritis merupakan jurusnya VillaDomba Soreang dalam menjalankan kemitraan ternak dengan warga sekitar.. plus pengalaman pribadi paroan domba di kandang Cilenyi yang berujung kegagalan yang menyebabkan terpilihnya konsep ROTASI INDUKAN BUNTING ini..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar