Kamis, 21 Agustus 2014

JANGAN DULU Pensiun Dini, SEBELUM kita ber-" Amal Jama'i " dan baca blog SaKaDo Ini.....!!!


Sedih rasanya.. kalo baca berita banyak terulang nya kasus-kasus gagal investasi... QSAR... Koperasi Langit Biru.. Investasi Emas ECMC, VGMC, GTIS... dan yg masih hangat kasus Koperasi Cipaganti... terbayang sudah rasa-rasa kecewa atas uang yang raib ga jelas nasibnya...


Ujicoba blajar berkandang ternak by remote yang saya lakoni di Desa Binaan ini pun sebetulnya masih jauh dari kondisi menguntungkan.. bahkan level BEP saja rasa-rasanya semakin tanda-tanya saking tidak mudahnya belajar wirausaha ternak itu.. mungkin begitulah hakekat perjuangan hidup.. tidak ada yang instan... EASY COME.. .EASY GO...


Tapi antara kegagalan kita dalam investasi bodong vs proses perjuangan di sektor real beternak yang saya lakoni sejak 2011 lalu itu pasti ada bedanya... yaitu HARAPAN.!!!!..

Kalo investasi bodong rata-rata harapannya makin menipis... namun jika kita langsung terjun di dunia nyata HARAPAN ITU MASIH ADA.... minimal jam terbang atas kegagalan menjadi pelajaran dan modal kita... walaupun memang "biaya bayar SPP" dalam beternak alias "Stupid Cost" nya juga lumayan tidak murah-murah amat... 

Kalo ada rugi-rugi finansial akibat proses pembelajaran ternak yang saya alami, .. saya masih punya harapan via jurus ReStrukturisasi di Pembibitan Domba...walaupun hasil akhirnya entah akan bagaimana.. tapi harapan atas jurus tersebut bisa berjalan tidak sirna.. dan tentu yang paling penting akan jadi bekal buat saya jika terkena pensiun dini nanti agar tidak mudah terbujuk rayu manisnya investasi-investasi yang menggiurkan itu..

Itulah bedanya ...walau tipis, tapi balik modal dari beternak itu  HARAPAN_nya MASIH ADA.. tentu saja asal kita tetap senantiasa SEMANGAT untuk menengok kandang pemberdayaan tersebut di desa.....


...Kondisi @Juni 2014...
Alhamdulillah masih ada ternak di sana.. alias Tidak Sampai "Bodong"


Repost Edisi Sep-2012.............................

=======================================================================
" ...Ayat yang terpanjang dalam Al-Quran justru berisi tentang masalah perekonomian, bukan masalah ibadah (mahdhah) atau aqidah. Ayat yang terpanjang itu ialah ayat 282 dalam surah Al-Baqarah, yang menurut Ibnu Arabi ayat ini mengandung 52 hukum/masalah ekonomi... "

=================================================
# Yuk.., Hindari Gharar, Maisyir, Riba...#
@Ayo Kita Blajar Bangun Sektor Real untuk Negeri ini...
=================================================


Ada hal yang bikin saya SANGAT KAGET dari buku motivasi Entrepreneurship Ust VALENTINO DINSI yang terbaru.... @KISAH TRAGIS pensiunan karyawan In*CUT*, yang menjadi "CASE STUDY" pentingnya PERENCANAAN PENSIUN. Jujur saja, saya memang punya ikatan emosional dengan proses pensiun dini dikantor ini.. maklumlah suatu saat saya juga bakal kena seleksi alam nya...

".. Pensiun = Bisa kena PHK, Pensiun Sukarela ataupun Pensiun Normal @PensiunGaul.".

Kejadian Per-PENDI-An di kantor lah yang menjadi BIANG KEROK PERUBAHAN RITME HIDUP ini. Tapi  Blessing in Disguise.... gara-gara adrenalin bernama ancaman di-PENDI-kan inilah SaKaDo_Academy bisa lahir, berbekal semangat mendapat surat cinta sebagai Calon Purnabakti dari kantor.


Allah Memang Maha Adil, dibalik "1 Kesusahan PASTI ada 2 Kemudahan", asalkan kita istiqiamah di jalan kebaikan, bukan dijalan kemaksiatan kepada Nya. Jauh sebelum keputusan pendi itu di eksekusi.. prediksi dan kekhawatiran saya mengenai kisah TRAGIS seperti di halaman buku tsb, besar kemungkinan akan terjadi menimpa rekan-rekan kantor.... #Tertipu.., Usaha Macet.., Uang pensun raib., atau salah invest, rencana awal saat ngambil Pendi Meleset dsb... #, adalah CERITA BERULANG yang kerap kita temui ketika bicara orang yang pensiun dini.....

".. Dulu Saya MELARAT ...Setelah saya datang dan diajak bergabung di Klinik TomJerry "bisnis ini - bisnis itu", sekarang saya jadi SEKARAT....Terima kasih klinik TomJerry "

Mengapa kekhawatiran saya yg dulu itu akhirnya jadi kenyataan? hal tsb bisa jadi karena mayoritas dari kita di Quadrant yang karyawan bin pegawai ini SANGAT AWAM dengan yang namanya Feasibility Study, Bussiness Plan, Risk Indicators, Persaingan Pasar, Analisa pasar, termasuk juga dengan berbagai DERIVATIF INVESTASI MASA KINI yg Njlimet..,apatah lagi yang namanya punya MENTAL BAJA jantungannya jadi wirausaha... alias gampang menyerah karena faktor comfort zone selama di quadrant pegawai...
 

Atau bisa juga kita kejeblos investasi sana sini karena slama kita berkarir.. ga pernah keringetan cari uang alias aliran cashflow bulanan yang kita terima terkait dgn posisi kekuasaan alias dapat setoran alias "ga perlu meres otak amplop-pun datang", sehingga sense kewaspadaan untuk menjaga setiap sen rupiah yang ada di dompet kita kurang.... "easy come easy go" jadinya uang kita... bahasa kasarnya nya sih yang kita terima slama ini adalah "UANG PANAS" dan saat giliran pensiun tiba kita bingung harus SURVIVE dengan usaha apaan..



Daftar Investasi Bodong yang Makan Korban


2008 : QSAR- Rp467 Miliar
2011 : Koperasi Langit Biru, Rp 6Triliun
2012 : Investasi Emas Bodong : ECMC,VGMC,GTIS, Raihan dll, Rp 13-15 Triliun
2013-2014 : Koperasi Cipaganti, Rp3,2Triliun



Atau bisa juga akibat sebelumnya tidak pernah megang uang sekarung, sehingga jor-joran "nyoba ini nyoba itu..". Berubahlah pula POLA HIDUP dengan tiba-tiba.. akibat status jadi OKB dadakan!!



... Jadi "Orang Kaya Baru" pasti Bakal Banyak Teman Baru..

ATURAN # 3 : Selamatkan UANG PENSIUN anda dari "PENCURI UANG PENSIUN"

APAKATA DUNIA ....Kalo di tempat kerja kita, para Pensiunannya yang notabene rekan-rekan kita juga menjadi buah bibir KASUS PENDI yang berakhir tragis, APAKAH Amar Ma'ruf Nahi Munkar nya TIDAK JALAN sampai mereka jadi korban? atau.. apakah kita-kita  yang lebih faham tentang bahaya-bahaya jebakan investasi-investasi yang ditawarkan tsb selama ini diam saja? ga peduli bin apatis alias kita cuma puas jadi manusia mubazir  ..
".... Karyawan / Atasan / Rekan Sejawat kelas "Mubah" : ada dan tidak ada sama saja bagi lingkungan, .. Menyedihkan memang menjadi manusia mubazir seperti ini, kehadirannya tak membawa arti apapun baik manfaat maupun mudharat, dan kepergiannya pun tak terasa kehilangan....  @5 tipe Karyawan-Atasan-Rekan .."


Sebetulnya...Yang Malu kan kita-kita juga sebenarnya kalo sampai ada teman kita yang jadi korban penipuan investasi bodong. Dan TRAGIS-nya dibalik kisah dibuku itu, bisa jadi BAKAL ada kisah tragis yang lebih besar yang lambat laun akan terungkap... Mengapa Bisa Begitu ? mari kita ulas dikit - dikit faktor kejadian tersebut berdasarkan bukunya Ust VALENTINO DINSI plus bumbu-bumbu hasil copas dari sana sini...



Ada 6 POINTER  di-atas yang relevan dengan pertanyaan mulai kapankah harus bikin perencanaan pensiun? Mengapa dan Bagaimana Cara Mempersiapkannya? ke Bidang apa saja kita harus menyelamatkan uang pesangon kita.dsb dsb.. komplitnya sih beli ajah bukunya sendiri yah..ntar ga rame ketahuan jalan ceritanya..Garis besarnya sih seperti ini :



Aturan #1 : FAKTA, Nyata 90% Pensiunan hidup Pas-pasan
Aturan #2 : Nasib Anda ada di tangan ANDA SENDIRI
Aturan #3 : Selamatkan Uang Pensiun Anda dari "Pencuri Uang Pensiun"
Aturan #4 : Tentukan Gaya Hidup Anda Setelah Pensiun
Aturan #5 : Mau Apa Setelah Pensiun
Aturan #6 : Jaga Kesehatan Anda

========================================
"Jangan Senang dulu jika saat ini satus kita adalah PNS yang pensiunnya bisa diwariskan turun-temurun ke istri dan Anak.. bahaya atas CONFORT ZONE fasilitas dan kebijakan pensiun tsb suatu saat BISA HABIS DIBABAT dengan alasan MEMBEBANI ANGGARAN, PRODUKTIVITAS dsb ....
ini cuma masalah BOM WAKTU sahaja, khusunya bagi PNS usia muda.. jika anda terlena nasib anda suatu saat akan sama dengan pegawai swasta.. waspadaah.. !!! "
========================================


Duuuuluuu ..., saat saya dan teman-teman angkatan masih menjalani status "MURID INGUS", saat itu ada istilah abadi yang membuat kita bertindak hati-hati.. "karna NILA setitik, rusak susu sebelanga..". Maklumlah saat masih itu masih dalam plototan instruktur DinasPsikologiAngkatanDarat kami harus SE-IYA SE-IRAMA .. ada salah dikit dari salah satu rekan angkatan, tinggal pilih mau PUSH UP atau JUNGKIR hukumannya.. makanya JANGAN JADI NILA!!! apalagi bikin hidup orang jadi SENGSARA.. khususnya apalagi orang itu baru PENSIUN DINI...


Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok….” (QS. Al-Hasyr: 18)
@2011....

Juni 2014
..Setelah 3 thn di tanamin pohonnya baru segede ginian ...


"Uang itu emosional. Yg berpendidikan, yg tak faham, yg ngerti agama pun bisa kepleset bersamaan krn kerakusan ...". Tidak cukup Waspada doang memang kalo sudah nyangkut duit.. "Eling lan Waspodo".. #Eling# akan aturan rambu-rambu agama dalam ber-Muamalat.. #Waspodo# akan kekurang-pengetahuan kita akan tawaran-tawaran investasi bodong tsb...


"Karena kita tidak mengetahui faktor kegagalan-kegagalan untuk menjadi peternak, maka kita menganggap kegagalan itu tidak ada............(tony_sapi).."

" .... Pikirlah masa pensiun bersama Anak-istri MULAI DETIK INI JUGA, TIDAK PEDULI berapa lama lagi kita akan memasuki masa pensiun tersebut."



Fardhu A'in untuk melindungi diri dan keluarga dengan rajin melakukan eksplorasi pemahaman agama dalam tatacara ber-muamalat, agar godaan-godaan dari bisnis yang menggota hati bisa kita jauhi.. Percayalah.. jebakan-jebakannya ga jauh-jauh dari 3 hal ini.. RIBA.. GHARAR.. MAISYIR ...



Jika faktor pemahaman teori sudah kita gali, jangan lupa kita TIDAK BOLEH hidup SENDIRI, walau sudah pensiun tapi harus ber-AMAL JAMA'I... harus ber-Comunity alias menjaga silaturahim dengan teman-rekan-saudara, bahkan lawan dsb.. Harus Gaul jangan menyendiri...  



" INGAT... Domba yang Menyendiri akan mudah DITERKAM SRIGALA, apalagi Org yg baru pensiun... mendadak bakal banyak orang yang sok akrab sok kenal..., jadi banyak-banyak GAUL lah dari sekarang...  "


"Karena kita tidak mengetahui faktor kegagalan-kegagalan dalam Investasi Bodong, maka kita menganggap kegagalan Investasi itu tidak perah ada...."

Begitu pula dengan masa PENSIUN nanti.. tetap connect dengan teman-teman yang BAIK HATI akan membantu anda selamat dari "PENCURI UANG PENSIUN", karena dari mereka lah pertimbangan-pertimbangan dari sudut pandang lain akan anda dapatkan.


"...Tinggalkan "Mental Pemberdayaan" ...maka Program Pemberdayaan Bisa terus Berulang..., Create-lah Pasar.. ..... maka Pemberdayaan dan Keuntungan akan gampang di raih.."


Blajar Bikin ShowRoom Ternak .
..Biar Para Juragan Ternak pada Rajin Mampir Ke Desa Binaan buat Belanja Bakalan....





Dengan ke-"Eling"-an lan ke-"Waspodo"-an.. cita-cita jadi PENSIUN GAUL pun akan mudah di raih.. Gaya Hidup Sehat dan Bahagia krn uang pensiun ga raib dan ga kena beban moral  akibat kita terperosok jadi "SETITIK NILA" yang bikin orang sengsara, Aktivitasnya Bermanfaat karena sudah sejak pertama masuk kerja dia mempersiapkan masa pensiunnya alias tdk ada "post power sindrom"... hari ini kena PHK besok dia sudah tahu nyari rumput kemana.." Kenali pula sejak dini piramida keuangan agar Uang kita saat pensiun nanti jadi banyak dan bisa beranak pinak karena usaha yang kita rintis slagi jadi pegawai sudah running well.., plus walau usia maki tua tapi Lupanya skidit karena rajin ibadah, rajin tilawah Quran 1 juz 1 hari.. itulah PENSIUN GAUL yang saya idam-idamkan, agar sukses Dunia dan Sukses Akherat bisa kita gapai...




#Pensiun dari pekerjaan tidak berarti pensiun dari hidup.... tahap tsb adalah BAB TERAKHIR dari hidup anda, dimana Anda adalah penulisnya,.. dan akan seperti apakah bentuknya..? #PensiunGaul#





Belajarkan diri kita untuk smakin : Gila_Kerja, Gila_Usaha, Gila_Ibadah, Gila_Tilawah... karena hanya dengan keringat dan kerja keras.. kesuksesan dunia dan kesuksesan akherat akan dapat kita raih...bukan dengan cara yang instan, bukankah nabi Muhammad yang dijamin masuk surga saja tetap masih berkeringatan dalam beribadah... alias tidak ngajarin instan.. ?



Al Quran, seperti sahabat dia punya rahasia. Tapi tentu saja, seorang hanya akan menceritakan rahasianya kepada sahabat yang lama menemaninya.
 
Seorang tak kan menceritakan rahasianya kepada seseorang yang hanya duduk bersama beberapa menit saja kemudian dia pergi. Demikian juga dengan al Quran, cobalah sisihkan waktumu lebih lama dengan al Quran, membacanya, menghafalnya, merenunginya, niscaya sedikit demi sedikit dia kan memberitahukan rahasia-rahasianya kepadamu. 



Tahukan anda.. life expectation org indonesia adalah : Laki-laki 67thn dan wanita 73 tahun @Jangan_Pensiun #.. jika cita cita setelah pensiun kita "masih kolot" yaitu.. nrima uang pesangon, pindah ke desa dan dekat masjid, biar tiap hari bisa rajin ibdahah.. bayangkan jika Allah memberikan umur panjang melebihi rata-rata hidup diatas,.. artinya akan adalah ratusan hari hidup anda di isi rutinitas tanpa prestasi yang spektakuler buat orang banyak... padahal pahala kebaikan karena berbuat amal kepada orang banyaklah yang akan menjadi CLOSING BAB TERAKHIR perjalanan hidup kita..

" Sungguh Kami telah menciptakan manusia di dalam kesusahkepayahan... Al Balad 4"

berMIMPI itu jelas lbh mudah dari BerBICARA, sayang....tak semua org yg pandai BICARA pandai pula MENULIS kan ucapannya..  , tapiiiiii dari sekian banyak Org Yg pinter Nulis. hanya sedikit dari mereka yg Bisa MENGERJAKAN apa yang mereka Tuliskan..
.... dan dari sedikit org yg BIsa BeKERJA itu....Hanya segelintir orang yg SANGGUP BEKERJA dgn IKHLAS untuk Mewujudkan Mimpi-mimpi Mereka....itulah mereka ORANG_ORANG PILIHAN Allah... 


Jadi kalo ada yg nawarin bisnis yang Instan, Keuntungan Tinggi.. Dapatnya GA KERINGATAN... karena Cuma Modal Presentasi sana sini... WASPADALAH... Itu menyalahi Sunnatullah Kesusahpayahan ... Jangan-jangan Itu adalah PENCURI UANG PENSIUN ANDA..!!!! 




"Semua manusia sepakat, meskipun secara tidak tertulis, bahwa target mereka dalam setiap usaha yang mereka lakukan adalah meraih kesuksesan, mendapat untung dan terhindar dari kerugiaan.  Ironisnya, kebanyakan manusia hanya menerapkan hal ini dalam usaha dan urusan yang bersifat duniawi belaka, sedangkan untuk urusan akhirat mereka hanya merasa cukup dengan ‘hasil’ yang pas-pasan dan seadanya. Ini merupakan refleksi dari kuatnya dominasi hawa nafsu dan kecintaan terhadapa dunia dalam diri mereka..".


يَعْلَمُونَ ظَاهِرًا مِنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الآخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ
Mereka hanya mengetahui yang lahir (nampak) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai.” (QS. ar-Ruum: 7).

Imam Ibnu Katsir berkata, “Arti (ayat ini): mayoritas manusia tidak memiliki ilmu pengetahuan kecuali dalam (perkara-perkara yang berkaitan dengan) dunia, keuntungan-keuntungannya, urusan-urusan dan semua hal yang berhubungan dengannya. Mereka sangat mahir dan pandai dalam usaha meraih (keberhasilan) dan cara-cara mengusahakan keuntungan duniawi, sedangkan untuk kemanfaatan (keberuntungan) di negeri akhirat mereka lalai (dan tidak paham sama sekali), seolah-seolah mereka seperti orang bodoh yang tidak punya akal dan pikiran (sama sekali).” (Kitab Tafsir Ibnu Katsir, 3/560)


  PERNIAGAAN DENGAN ALLAH

Dan sudah pasti,..sebaik-baiknya Investasi atau PERNIAGAAN.. adalah ber JUAL-BELI dengan ALLAH.. karena Returnnya adalah Surga.. sooo 

 

Pilihlah INVESTASI yg return nya Paling ABADI.... 




بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

“Hai orang orang yang beriman, mahukah Aku tunjukkan kepada mu suatu perdagangan (perniagaan)
yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih.  Iaitu kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad dijalan Allah dengan harta dan jiwa mu. Itulah yang terlebih baik bagi mu, jika kamu mengetahui. Nescaya Allah mengampuni dosa mu dan  memasukkan kamu kedalam syurga yang mengalir dibawahnya sungai sungai dan ketempat tempat tingal yang baik didalam syurga Aden. Itulah kemenangan yang agong. Dan (ada lagi) kurnia lain yang kamu cintai  (iaitu) pertolongan daripada Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah khabar gembira kepada orang orang Mukmin (61:10-13)”



Hidup itu sederhana... yaitu ngumpulin orang-orang yang bersedia dan ikhlas mengantarkan kita ke alam kubur dengan penuh doa ... dan itu harus ditempuh dengan jalan TIDAK INSTAN..... yaitu Tarbiyah sepanjang masa. Aamiin..



Dengan SANGAT SEDERHANA-nya hakekat kita hidup di dunia ini... mau ga mau membuat saya yg baru nginjek  Umur Kepala 4 ini makin fokus mendalami makna tafsir Surat Al-AHQAF 15, mustinya sih saat bujangan dulu saya memperdalam pemahaman akan makna surat quran yang membahas RAHASIA UMUR 40, apalagi di jaman tren OUTSOURCING sekarang ini.. bukan tidak mungkin suatu saat USIA PENSIUN tiba-tiba datang lebih cepat..,  jadi sebelum terlambat di Pensiun Dinikan dari Dunia
 

Banyak-banyak DOA lah jika kita masih jauh dari usia pensiun normal dgn FOKUS pd 4 PERMINTAAN:
  1. Minta dilimpahkan Rasa syukur.. 
  2. Minta di berikan KEKUATAN AMAL. (agar bisa banyak AKTIVITAS yg Allah Ridhoi.. JANGAN SAMPAI BANYAK AKTIVITAS tp ALLAH KAGA RIDO di umur 40 nanti..
  3. Minta kebaikan yg biasa kita lakukan MENURUN ke anak cucu (alias adikan ngurus CUCU adalah kebanggaan karena darisanalah pahala nonstop masa depan kita)
  4. Bertobat dan Berserah diri.. 

”Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tuanya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo`a:”Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al-Ahqaaf: 15)


 ======================================
 Berhubung lagi marak soal investasi bodong seperti Hebohnya GTI emas Syariah atau modus Arisan Berantai Investsi ini itu dll, . kayanya jadi kita Repost tulisan bulan Sep'12 lalu ini.. soalnya dunia pertanian/pertanian khususnya DuniaSaKaDo juga kadang bisa dijadikan "media" untuk praktek investasi "bodong" tersebut, 
WASPADALAH...

....Waspadalah Web di atas ini adalah versi HOAX blog PeternakanSaKaDo


GA USAH JAUH-JAUH.. Kandang Pemberdayaan PeternakanSaKaDo juga ada yg "mencopas"nya tanpa jelas tujuannya apa... ada yg ngaku-ngaku dari  CV.Sakado Investasi dengan tampilan kandang-kandang pemberdayaan kami di Desa Babakan Asem, lumayan juga sebenarnya kita bisa belajar banyak dari web nya.. cuma karena Content nya sama sama mejengin geleri kandang yang sama persis dengan foto yang saya shoot sendiri..  insting kita agar waspada tentu wajib ada... maklum, pembuat web Sakado_Investasi ini sama sekali belum pernah kontak dengan saya maupun pa Kosim..walaupun belum tentu juga itu bertujuan negatif.. bisa aja lagi blajar bikin web sakado... namanya juga mejeng di WWW... semua yg ada di dunia maya ini punya konsekuensi harus di ikhlaskan untuk di copas siapapun  juga...

 WASPADALAH...

Kandang PeternakanSaKaDo yang asli merupakan hasil saweran para ShareHolder Perintis yang notabene adalah temen-teman kantor saya dalam format kegiatan ESR.. Employee Social Responsibility Amatiran .... bahkan Pa Kosim sendiri tidak merasa kenal dan tidak pernah membuat legalitas formal dari pemberdayaan ternak ini dalam wadah CV. SaKaDo Investasi... alias SaKaD0_Academy yg kami rintis ini masih paroan ternak tradisional biasa yg OTB alias ORGANISASI TANPA BENTUK, yg kans ruginya lebih besar dari pada kans keuntungan karena spiritnya memberdayakan orang desa.. bukan nyari keuntungan buat diri sendiri yang diutamakan.. .hanya saja karena dulu yang ikut paroannya banyakan... jadinya berjalan SANGAT LUAR BIASA...  itu dullluuuu sich.... hehehe


Yang bahaya dari sasaran Investasi Bodong ini adalah adaya MODUS OPERASI untuk menTARGET segelintir kaum yg tiba-tiba dapat durian runtuh berkarung-karung uang karena terkena GOLDEN SHAKE HAND... biasanya kita hidup tiap bulan ngutang sana sini, tiba tiba SALDO TABUNGAN jadi bengkak... jika tidak WASPADA..  uang pesangon sampai usia kita mati bisa hilang SEKEJAP gara gara INVESTASI BODONG tersebut..


WASPADALAH.. 

...Selamatkan Uang Pensiun Anda dari "Pencuri Uang Pensiun"... 
Dengan Sejak Dini Berlajar untuk Pindah Quadrant Hidup..
  ======================================

Proses Blajar Bersama
Pindah Quadrant @Jan 2014



...Ruang Kelas Belajar Ternak baru @SaKaDo_Academy
Tahun Ajaran 2014/2015.. 



Progress Amal Jama'i di Desa Binaan

"Yang harus diubah adalah persepsi pensiun itu sendiri. Pensiun dini bukanlah akhir, tapi lebih tepat seperti 'terlahir kembali'. Kita hanya berhenti bekerja di satu perusahaan, tapi tidak berhenti beraktivitas. Modalnya.. kemampuan dan pengalaman yang telah didapat di pekerjaan terdahulu,"
Smoga Jadi Pensiun Dini Yang Ideal....
#.. Pondasi Kandang Jalan.. .Pembebasan Lahan Pesantren Segera Di Mulai..#


Selasa, 19 Agustus 2014

Jebakan Rambo buat penjual Sapi di Musim Lebaran HAJI.... # NOLTAGILA Menjelang Musim Qurban #


Kalau ingat Lebaran Haji pikiran suka menerawang 3-4 thn yang lalu ketika saya baru ikut-ikutan jadi panitia Qurban di jakarta, PikaSeurieun pisan matak ngabarakatak orang sunda bilang mah, alias menggelikan en culun abis.





... Mudah-mudahan ga nemu yg model Gini saat Qurban....

Inget pengalaman  di thn 2008an saat mulai terlibat panitia qurban di Jatiwaringin, yang harus dorong-dorong sapi hampir setengah jam perjalanan dari lapak penjual qurban ke  "Jagal Centre" yang jadi posko panitia tingkat kelurahan. Untunglah selama perjalanan sapi nya nurut.. tidak seperti kejadian di bawah ini... menguras tenaga, keringat dan adrenalin kalo sapinya brontak -brontak....



Trik Menggiring Sapi ternyata ada ilmunya kata para warga desa yg jadi Crew Kandang, ... Konsep TITIK TUMPU dalam memegang tali, Tatapan Mata langsung dengan mata sapi.. dan Menenangkan ekor dengan memegangnya Kuat-juat ternyata berpengaruh juga kepada kemampuan kita mengendalikan sapi.. makin jauh tali kita pegang dari kepala,. makin bebaslah sapi bergerak... bgitu katanya mereka... saya sendiri ga brani buat mencobanya... hehehe..


Bisa Menguasai Kepala Sapi = Bisa Mengendalikan Emosi Sapi.... ??

Masalah delivery Sapi Qurban merupakan Jebakan Rambo pertama yang harus dipikirkan kalo buka lapak qurban, Sapi itu jelas berbeda dengan Kambing-Domba yang kalo beli bisa digendong pake motor atau sepeda, tinggal di karungin ajah naikin ke motor  pun bisa, seperti warga desa ini  yang lagi jual ternaknya buat laboraturium Paket Uji Nyali di SaKaDo_Academy... (Konsep kandang inti-plasma mulai jalan nih di PeternakanSaKaDo....)

.....Tehnik Home Delivery Domba......

Begitu pula kisah pikaseurieun mengalami nasib tragis ketika dapat tugas ngambil jatah kupon qurban ke kantor Menpora di tahun 2008 yang sama. Yang namanya panitia qurban di kalangan perkantoran negara.. mau ngadepin sesama Panitia Qurban yg jadi utusan ngambil daging dan sudah dapat JATAH KUPON jauh-jauh hari MAUPUN ngadepin warga yang ngantri daging gratis, ujung-ujungnya mereka bisa ga peduli kalo yang disuruh ngantri pada kaga ngarti-ngarti..apalagi dulu tiba-tiba hujan deras sekali.. antara mau neduh dan takut ga kebagian daging karena keluar antrian.. akhirnya HARUS BERJUANG SENDIRI. wakakakakak maklum karena negara kita adalah NEGERI TANPA BUDAYA ANTRI, kepaksa main bodi DARIPADA MATI BERDIRI, biar ga terpental ganasnya warga yang ngarep daging gratis dan panik kehujanan.
 
SADIS dah antrian di Indonesia mah... saran saya.. jangan skali-skali brani ngelawan ibu-ibu dah!! kalo ngantri jatah qurban..

Kebayang kalo jaman itu udah ada Facebook.. pasti nasib wajah yang luyu dan kehujanan dalam antrian bakal dari trending topic deh, demi menjaga amanah puluhan kupon yang harus di tukar dengan 2 "Ember Jolang" daging segar yang bikin penuh bagasi plus bau amis darah sgala (lebay.com). 
PERLU STRATEGI CERDAS AGAR DISTRIBUSI DAGING QURBAN TIDAK TERPUSAT DI IBUKOTA, PLUS PORSI MARGIN BISNIS QURBAN NYA HARUS LEBIH BANYAK JATUH KE PETERNAK DESA JUGA.. JANGAN KESEDOT KE MARKETING-ADMINSTRASI COST LEMBAGA... caraNYA.??? YA VIA PROGRAM TITIPAN QURBAN DI desa!!!!!

.....Konsepnya sih Indah bangets kalo bisa kaya bagan ini...

Yang paling enak tu' kalo ngambil jatah kupon ke kantor swasta kaya anak perusahaan telkom di bilangan blok M dulu, maklumlah biasa melayani pelanggan kali.... pas datang paket dagingnya udah di siapkan ga perlu antri lagi.. dan sudah disediakan Sop Kambing nya Sgala sama panitia.. mantaps deh kalo nemu panitia kantoran kaya gini..  Perut Kenyang .. Hatipun riang.. kisah baju basah dari kantor menpora pun sirna ditelan bersama potongan daging sop yang panas..

Itu sekedar prolog Jebakan Rambo jika anda JADI PANITIA QURBAN

Nah jebakan rambo jika anda berminat terjun bisnis hewan qurban tentu beda lagi..  salah perhitungan, uang PULUHAN JUTA bakal melayang jika kita tidak mencermati HIDDEN COST dari sejak sapi kita pesan sampai kita kirim ke pemesan, jualan sapi BERBEDA dengan jualan aqua gelas. ada resiko-resiko bobot sapi qurban nyusut, cedera di jalan, bahkan yang PALING SIAL adalah sapi TERPELESET keramik pelataran masjid saat turun dari armada qurban dan cedera, sehingga tidak memenuhi persyaratan sebagai hewan qurban...  belum lagi jika Sapi nya ngamuk dan kabur ke Jalan trus di tembak pa polisi...wakakakakakakakkkk   RUGI BANDAR deh..



Ini sekedar Refresh pengalaman-pengalaman dari berbagai sumber yang saya coba ramu agar kita bisa berhati-hati jika ingin mencoba-coba meraih sedikit rejeki dalam moment lebaran haji..:

HARGA BELI,  include Franco Pembeli atau Franco Penjual. Maksudnya jika anda akan buka lapak qurban.. saat anda memesan hewan qurban apakah harganya sudah termasuk ongkos kirim ke tempat kita ataukah harga masih di kandang peternak saja, alias ongkir kita yang nanggung.. hati-hati dengan kesepakatan lisan jika anda baru mulai terjun di musim qurban... siapa tau anda udah merasa untung padahal ongkos kirim belum dihitung. Plus..jangan lupa TIAP NGIRIM Sapi sediakan PAWANG nya juga yang KENAL lahir bathin dengan sang Sapi...kalo tidak ingin kejadian kaga begini :

   
DELIVERY COST ke END CUSTOMER, saat buka lapak.. perhatikan lokasi pembeli.. apakah kita sanggup mengantar ke lokasi pembeli yang cukup jauh.. ataukah si pembeli disuruh bawa sapi nya sendiri.. persis kaya pengalaman di atas saya tadi..




Selain tidak semua armada pickup di ibukota berani bawa sapi, ongkos ngantar 1 sapi dengan 3 sapi sekaligus adalah sama, karena yang punya pickup biasanya minta bayaran per rit perjalanan.. jadi clusterisasi pembeli dalam satu area akan membuat hemat delivery cost ini... jangan berani-berani lapak qurban anda melayani customer AKAP... Antar Kota Antar Provinsi.. dijamin rugi kalo ada yg beli sapi nya cuma sebiji...  yg paling ideal adalah bisa sinergi dengan panitia masjid agar sapi kita sekali drop tidak mampir-mampir merupakan solusi jitu mengatasi masalah delivery cost ini..walau disisi lain margin keuntungan harus jadi dibagi bagi (namanya juga sama sama cari makan)


... Hati-Hati Jadi Panitia Qurban... 
Pastikan Sapi Yang di Supply Jenis sapi Liar atau Yang biasa Di kandang..

KENALI SAPI yg dibeli, Sapi yang biasa di kandang meskipun di tengah Hutan kaya di PeternakanSaKaDo vs Sapi yang biasa "dilepas abur" ngangon ke hutan pasti berbeda sifatnya..  mirip anak sekolahan formal vs anak yang biasa sekolah dijalanan, pasti naluri alami saat terancam akan timbul.. kalo dihutan sang sapi mau kabur paling nyemplung sungai, tapi kalo di ibukota yang padat merapat, mau kemana ntar itu sapi kaburnya.. .. (jangan sampai kita dituntut warga yg minta ganti perabot baru.. hehehehe)
..... Efek Milih Sapi yang jarang Ketemu Manusia...

Siapkan SAKADO MASTER alias PAWANG Sapi, agar saat sang Sapi mengalami gangguan kejiwaan ada yang segera menangani.. atau jgn lupa koordinasi dengan pembeli sapi qurban  untuk mencatat HP tetangga terdekat yang punya MENTAL PEMBERANI untuk siap siaga selalu jika sang sapi mengamuk tidak mau nurut..

Pastikan tali terikat di tempat yang kuat dan tidak licin, Umumnya tali yang digunakan adalah tapi tambang plastik ukuran besar.. pastikan sang pawang mengikat di tempat yang benar dan tidak ada resiko tali lepas akibat gesekan gerakan sapi qurban.... ngiket di tiang kayu vs tiang besi pasti ada ngaruhnya kalo tali kurang panjang..  percaya kepada insting yang tiba-tiba muncul atau perasaan tidak enak jika kondisi ikatan dirasa kurang kuat.. komukasikan juga dengan panitia qurban/pembeli mengenai syarat minimal sapi akan di ikat dimana karena mereka yg lebih tau medan area penyembelihan.... Jangan sampai kejadian kaya temen kantor saya, karena asal ngiket hewan qurban nya, pas di lihat esok hari mau di potong sudah mati kelilit tali di lehernya yang nyangkut pagar masjid.....


Di point ini saya dan Mang Anang SaKaDo_Master pernah hampir kejeblos saat H-1 nganter qurban, karena setelah 45 menit tiba di rumah, tiba-tiba yang beli sapi nelpon sambil panik karena ikatannya lepas... saya di Pondok Gede dan mang Anang posisinya di lapak Taman Tekno BSD Serpong karena setelah nganter kami berpisah kembali ke tujuan masing-masing buat rehat... . wuihhh langsung lemes dan jantungan, inget kalo sapi milik teman tersebut kena sinar laser senapan sang pemburu jitu seperti video di atas..Cring Cring nya bakal hilang tuh.. . (jujur.com)...


Jangan Lupa buat Panitia Qurban.. 
Untuk Mengantongi No HP TIM BUSER Polsek Setempat

Kalo Perlu .. pelajari dulu tatacara TALI-TELAMI yang baik, khususnya TALI LASO.. agar kita tidak kelimpungan ngiket kaki Sapi Qurban-nya ketika mulai gelisah...  Kuncinya kata sang Jagal, Ikat satu kaki sapi dulu sebelum di pindah-pindahkan.. jangan sampai 4 kaki nya dalam posisi bebas...


Banyak-banyak bantu DOA SAJA, jikalau semua point sudah dilakukan tapi Allah punya rencana lain untuk menghibur hati kita...inilah edisi MATI KETAWA ala TUKANG SAPI..



doa.. doa doa....sapi nya masih ngamuk nih.. !!



Dilarang ngetawain kalo ada yang komentar dengan polos...dasar bocah!! kacian pa Taupik tauk...

kalo yang ini SUPERSAPI namanya...Amazing dah nih Sapi...jangan sampai Sapi dari PeternakanSaKaDo kaya gini.. malu-maluin pa Kosim ajah ntar....
  
kalo kasusnya kaya gini jelas ga ada di materi DAURAH QURBAN... Nyerah!!!!

Nah Itulah sebagian (artinya masih ada banyak  lagi) Jebakan-jebakan rambo di musim qurban  jika kita sebagai panitia maupun  sebagai penjual tidak punya tim yang solid, berpengalaman, terstruktur dengan komando yang jelas, dan tidak berburu di kebun binatang alias tidak ngincer jatah daging qurban secara sepihak mentang-mentang jadi panitia.. maka resiko-resiko di atas Insya Allah bisa di minimalkan.. Idealnya sih ikutan program Daurah Qurban dulu biar pas hari H nya lancar kaya pengalaman saya ini.. (walau  cuma jadi juru kamera doang sih.. ) 



Tentu Saja PeternakanSaKaDo juga sadar dengan resiko diatas, resiko saat delivery yang melelahkan maupun saling sikut saat antrean harus dicarikan solusi cerdas sejalan dengan tujuan multiflier effect program pemberdayaan ternak di desa Babakan asem ini, ternaknya banyak, warganya sehat.. (jangan ternaknya di desa banyak, tapi warga desa nya ga pernah nyicipin dagingnya karena dijual ke kota terus.. ).   

Caranya???.  gampang sekali... checklist planning qurban yang baik melalui tahapan DAURAH QURBAN, PENDATAAN WARGA BINAAN, PLUS TIM PANITIA QURBAN yang Solid dalam SATU KOMANDO, Insya Allah hal tsb merupakan salah satu ikhtiar untuk meminimalkan resiko akibat jebakan-jebakan rambo di atas.. Plus, sayapun harus MEMODIFIKASI 'dikit program TITIPAN QURBAN nya..

 

Next episod kita bahas bagaimana agar sapi di kandang PeternakanSaKaDo tidak perlu keluar kandang di desa, namun tetap bisa dijadikan Qurban Terbaik untuk warga desa Babakan Asem, dan para donatur qurban pun dijamin tidak ada keraguan untuk menitipkan pemotongan hewan qurbannya via PeternakanSaKaDo.

Satu lagi, jika Anda BELUM PERNAH MOTONG SAPI /KAMBING/DOMBA SENDIRI,  mulailah bangun dari CONFORT ZONE tsb. Malu banget katanya kalo seumur-umur kita sebagai seorang muslim belum pernah pegang pisau sembelihan.. gimana mau jihad menolong agamaNya kata orang, kalo tiap motong qurban CUMA NONTON MULU... begitu kata pa ustadz..


Marilah kita mulai dari sekarang merencanakan dan  memilih sapi-sapi yang memang disiapkan pasrah untuk musim qurban nanti..(ciri-ciri tdk pasrah alias ngamuk lihat saja video di atas bagaimana kibasan  ekor sapinya kenceng amad).  Namun jika belum berani juga, boleh lah kita berSinergi, Qurban nya kita yang motong dan bagiin, tinggal pilih, mau di potong di Pondok Gede via Yayasan Cahaya Kebajikan -Pondok Gede ataukah di Babakan Asem buat dibagi-bagi dengan warga desa binaan juga..


Paling Ideal memang Anda beli bakalan sapi dan di gemukkan di PeternakanSaKaDo 1-2 tahun ampe Sapi Pool Bobotnya, seperti Uji QurbanPremium yang kami lakukan.. Bobot Sapi yang pas qurban 2011 lalu masuk kandang di kisaran 460Kg.. setelah mau setahun menjelang qurban lagi di 2012 ini berhasil naik menjadi 656Kg... kalo udah bobot di atas 656Kg begini harganya biasanya sudah pake SISTEM LELANG ajah... alias siapa cepat dia dapat.. dan harganya pun bakal kaya barang antik... SUKA SUKA YANG BELI... bukan suka suka yang jual lagi.

Coba Tebak.. Sapi nya yg Guuede.. apa Orangnya yg ga Guedee ?
#... Hasil UjiCoba Pakan ala SaKaDo_Academy...#


Saudara-Saudara.... !!!! MERENCANAKAN QURBAN itu SANGAT PENTING.. Apalagi kalo niatnya memang masuk MURI, kaya Ki Kusomo yang Paranormal itu... beliualah PEMEGANG REKOR QURBAN TERBAIk versi MURI dengan bobot 2 TON ...ingat baek-baek.. PARANORMAL !!! rekor qurban MURI itu bukan di pegang USTADZ, bukan di pegang PRESIDEN RI yang muslim,, bukan pula di pegang PENGUSAHA MUSLIM ... tapi PARANORMAL SODARA-SODARA!! disinilah kita kalah pinter dengan Ki Kusomo yang JAUH-JAUH hari sudah mempersipakan QURBAN TERBAIK nya...alias hunting sapi yg paling berat sa-Indonesia...


.... Brani Uji_Nyali Jadi Tim Jagal Qurban.. ??

SABLENG emang... USTADZ kalah ama PARANORMAL.. mau ditaro dimana muka saya sebagai jamaahnya.. jamaaaaahhhhh... wooowww jaaaamaaaaahhhh




#... Jangan Sampai Kita Kehilangan Muka Kalah ama MAk Yati... #

 =============================================================

REPOST TULISAN TGL 26 Mei 2012..  menyambut Qurban 2013, agar jangan ada RUGI BANDAR pada kena jebakan Rambo.....