Selasa, 25 November 2014

...BEFORE dan AFTER... Smoga Masih Tetap ada SEMANGAT..!!!




...Mau blajar Breeding... 
...Fulusnya Malah Pada Bleeding Mulu...
#.. BAHAN ANALISA PERSOALAN.. #


Smoga Bisa Tetap Semangat dan Tidak Putus Asa BerUpaya
Walau Terus Dihantam Jebakan Rambo di Tiap Musim Qurban

...Saat 2011 Lalu...


...2014...
..Fase Blajar Analisa Kelayakan Usaha Sudah Tuntas...
..Tinggal Blajar Fase "Melayakkan Usaha" nya yang berdarah-darah di kantong fulus..




... 2013-2014..



APAPUN YANG TERJADI.. 
....MOTONG QURBAN GA BOLEH SATU  BIJI TERUS .
... Smoga Masih Bisa Semangat...
..TIDAK BOLEH MENYERAH Sama si JEBAKAN RAMBO...

Ujicoba Nyangkul dulu @Integrated_Farm Pilot Project dengan Spirit Beyond_Business Buat Penutup Akhir Tahun 2012.....

Update Postingan Edisi 30 Des 2012

==================================================================
" ..Di alam kehidupan masyarakat Indonesia terdapat nilai-nilai sosial yang membentuk kearifan lokal (local wisdom) dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Misalnya, gotong royong, kekeluargaan, musyawarah untuk mufakat, dan tepa selira (toleransi). ...... Kearifan lokal inilah yang mendorong manusia berkelompok dan membentuk entitas. Bagi Francis Fukuyama, penulis buku Trust the Social Virtues and  the Creation of Prosperity, kearifan lokal merupakan modal sosial yang dipandang sebagai bumbu vital bagi perkembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat.  .... Modal sosial ini mampu ditingkatkan menjadi kewirausahaan sosial.   
Termotivasi oleh permasalahan yang dihadapi masyarakat (social problem),  muncullah inisiatif untuk menciptakan manfaat sosial (social benefit) yang kemudian turut menumbuhkan manfaat ekonomi (economic benefit) sehingga berdirilah Social Enterprise atau lembaga kewirausahaan sosial....."
#Panduan Wirausaha Sosial Untuk Sekolah -British Counsil #

 =======================================================================
 
Kembali ke Khittah.... alias Back to Basic dari niat awal saya saat menjejakkan kaki di Desa Babakan Asem... bukan buat bikin kandang sebenarnya.. tapi memang buat bercocok tanam pohon kayu kultur jaringan sebangsa Jabon, JatiPutih dll sebagai tindak lanjut dari Proyek Numpang Berkebun di Cileunyi ...


 
Dan akhir tahun 2012 ini cerita aktivitas pemberdayaan warga di Desa Babakan Asem akan kita tutup oleh Proyek BeyBus ber-UJI_NYALI Penanaman Kapulaga dan JatiJBS yang didanai 100% oleh salah seorang Shohibul Maal sapi Paket UjiNyali, yang dulu sama-sama jadi peserta Mabit di Pesantren WiraUsaha GeraiDinar @JonggolFarm...


Ini UjiNyali berkebun KW-1... alias Resiko nya lumayan tinggi, selain karena di pikul oleh sang donatur sendirian.. juga perlu jam terbang yang lumayan sampai kita yakin bisa memutuskan apakah suatu lokasi itu layak menjadi tempat investasi jangka panjang... apalagi kita baru saling kenal.. tapi itulah hakekat dari prinsip Beyond Business yang ingin di kembangkan dalam kerangka Wirausaha Sosial di PeternakanSaKaDo..

Pasukan JatiJBS Siap berAKSI menghijaukan Bumi...


Alhamdulillah, sejak 2011 datang ke Desa   ribuan pohon Jabon, Jati Putih, pohon buah-buahan sebangsa mangga gedong, harum manis, sawo dll ataupun bibit Kapulaga dan.. yang on progress JatiJBS sudah di tanam, terhitung sejak saya 2 tahun berinteraksi intens dengan pa Kosim Ahmadi S.P (Sarjana Pe.... ?? # Kalo ada Sapi di kandang Pa Kosim jadi Sarjana Peternakan dadakan,, kalo ga sapi ga kebeli kaya sekarang, kembali beliau menggunakan ijazah UnWim nya sebagai Sarjana Pertanian.. # ), 



Sebagai EO PilotProject UjiNyali bercocok tanam via IntegratedFarm di Desa Babakan Asem ini, Pa Kosim seakan sedang berkreasi membuat laboraturium pohon mana yang paling cocok dikembangkan di desanya dengan bantuan para donatur kota yang tertarik membangun desa.. (Persis kaya MLM.. dimana UP-LINE nya semua bermuara ke Pa Kosim... 






Saya yang hanya menjadi salah satu member saja dari beberapa proyek di desa yang beliau kelola bersama warga, terpaksa harus ikutan berujicoba dengan modal 50 bibit JatiJBS yang ditanam di lahan pribadi saya sebelah kandang, biar ada bahan crita yang bisa saya bagi di blog ini, sisanya adalah proyek Beyond Business keroyokan dari puluhan orang di Babakan Asem hasil provokasi di blog sakado yang saya buat...


..2014 sudah luyaman tinggi juga JatiJBS nya..



Mengapa ujicoba bercocok tanam ini jadi penting...?? tidak lain tidak bukan.. karena aktivitas kandang yang terhenti total, otomatis banyak warga yang jadi Crew kandang menjadi nganggur tidak bisa diberdayakan dalam mencari rumput buat ternak... namun dengan adanya PilotProject IntergratedFarm @PeternakanSaKado .. mereka untuk sementara bisa tetap di berdayakan dengan membantu proses penanaman bibit-bibit JatiJBS dan Kapulaga di desa mereka...



LongTerm nya.. jika bibit-bibit yang berasal dari donatur kota ini (baik bibit pohon kayu maupun bibit buah-buahan yang sudah pula mulai ditanam) bisa meng-create pasar,  mendatangkan bandar-bandar yang bisa menampung hasil buminya.... tentu akan lebih mudah bagi warga desa untuk melanjutkan ikut bercocok tanam tanaman sejenis..




Disinilah Trickle Down Effect yang saya harapkan dari kegiatan belajar ber-Social Entrepreneurship di bawah bendera SaKado_Academy @PeternakanSaKaDo.... semua pelajaran ada.. tinggal kita bebas mau nimba ilmunya yang mana...  mau belajar Ternak Sapi ada.. Ternak Domba ada... studi banding Jabon dan JatiJBS pun tersedia..



Yang Belum saya bawa ke desa.. adalah proyek berbau perikanan... walaupun desa Babakan Asem sumber air-nya memang terbatas.. tapi bukan berarti tidak bisa di kembangkan usaha ternak berbau ikan.. masa sih ga bisa dikembangkan budidaya ikan di aquarium seperti yang sedang di coba teman-teman Dpra Cilangkap di jakarta... siapa tahu suatu saat budidaya lele atau belut bisa juga di kembangkan di area kandang.. toh sumber air tanah di sana masih berlimpah.. tinggal ngebor yang dalam aja .... 

 1 Orang Donatur Uji_Nyali @IntegratedFarm Saja Bisa Menafkahi Sekian warga.. 
Apalagi Kalo Semua Warga Kota Turun Invest Menghijaukan Desa..
 

Mengapa budidaya ikan ini mulai saya intip-intip... ?... tidak lain tidak bukan karena di Sumedang sana sedang di garap proyek Waduk JatiGede.. jadi logikanya suatu saat akan membutuhkan bibit-bibit ikan juga...  namanya juga bermimpi, siapa tahu bisa jadi kenyataan... siapa tahu pula jika hasil penghijauan yg dilakukan bisa tiba-tiba membuat kita bisa bikin kolam ikan.. @mimpi_Nya_kebangetan.. 


... 6 bulan kemudian...


==================================================================
2 Tahun Kemudian @2014

... Pimpro Beyond_Business Via Revitalisasi Lahan..
Mei 2014 




 Kapulaga Mulai Berbunga... 
Cocok Buat Bikin Nasi Goreng Kambing

Masa Tanam 2014



Proyek Ujicoba 2014 Lainnya
Saweran bibit ODOD
1 karung 100rb... Wooowwww Skali..




Bibit ODOD dari Jawa




Kiriman ODOD Telah Tiba
Siap ujicoba di tanam di Desa Binaan Kita

 ODOD Kiriman Pertama 



JUNI 2014

 
Progress Ujicoba Penanaman Bibit Kapulaga