Kamis, 23 April 2015

..SQUAD BARU DOMBA UJE-3 via Akuisisi Domba "JasPrem"







UJE alias Paroan Ternak Uji_Nyali yg modalnya entah kapan bisa kembali adalah PR yang masih belum selesai sampai saat ini.. alias modal-modal yang para donatur titipkan untuk dibelikan indukan domba bagi para warga masih belum bisa di REFUND .

 ..Nyari Indukan Yang Bisa Lahiran Lebih dari 1 ternyata gak Gampang..

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab lamanya modal BEP dari pemberlajaran PAROAN UJE ini:
  1. Sistem Paroan (bagi Hasil) di Desa baru akan memberikan porsi jatah buat pemodal setelah anakan domba ke-2 nya lahir. Jadi kalo modal awal kita belikan indukan, maka saat sang induk beranak untuk pertama kali merupakan jatahnya yang memelihara, nah nanti kalo anakan ke-2 barulah akan menjadi porsinya penyandang dana.  Walhasil jika setahun sang domba hanya beranak 1 ekor, maka perlu 2 tahun lebih Kandang Sentral "Kedatangan Setoran".
  2. Tingkat Kematian ternak ternyata juga menjadi faktor penentu, jika anakan pertama mati atau anakan ke dua mati.. maka timing "Kedatangan Setoran" pun akan makin lama juga.. 
  3. Hanya Hasil anakan Domba Jantan yang akan kita jadikan sumber dana REFUND saat kitajual di musim qurban. jadi kalo anakannya betina terus yaaa mendingan kita jadikan mesin produksi terus.




Sementara dari sisi Pemasaran pun ternyata susah susah gampang kita menjualnya di saat musim qurban.. maklum makelar qurban yang mencari ternak ke desa rata-rata hanya menawar alakadarna, alias kurang menarik.. beda jika kita punya kemampuan buka lapak langsung dikota, margin nya mungkin lebih banyak..


Domba JasPrem = "Jasa Preman"
Adalah pengganti uang sewa lahan dimana Sentral Domba Berada, Maklum Dengan Sistem Manajemen Pabaliut (Benang Kusut) lahan kandang masih nebeng punya orang.
Manajemen Pabaliut = Bikin Kandang  di Atas Tanah Orang



Tapi lamanya proses melihat hasil inisiasi pemberdayaan ternak ini ternyata bisa mendatangkan kenikmatan tersendiri jika ada benih benih perjuangan yang mulai tumbuh, karena kita yang paling tahu jungir baliknya NOL sampai menjadi NOL KOMA SEKIAN.. minimal ada PROGRESS dan tidak mati di tengah jalan sudah merupakan HASIL YANG LUAR BIASA.. apalagi kita bisa punya PUNYA BUKTI NYATA foto anakan yang baru BJOROL sampai DEWASA masih berkeliaran di kandang.. karena PR terbesar PROGRAM PEMBERDAYAAN adalah umurnya yang TIDAK SAMPAI seumur JAGUNG alias banyak yang tidak TO BE CONTINUED..

..Suasana Kandang 2013..





si Bulu Kupu-kupu = Domba JasPrem Sapta+Pesona
Des'2013

...si Bulu Kupu-Kupu...
April 2015


Warga Yang Miara Domba UJE
..Smoga UJE Membawa Berkah..



Selain Kabar kelahiran.. Kabar Kematian pun kadang bikin nyesek saluran pernafasan.. seperti contoh Indukan Kambing yg katanya mati saat proses persalinan.. dan gaswat nya saya baru tahu infonya saat saya tanyakan kabar Kambing yang bunting beberapa bulan lalu ini..  alias kalau gak ditanya mungkni gak akan ada kabar kematian, ITULAH SALAH SATU contoh KEARIFAN LOKAL yang harus kita terima dengan lapang dada jika ingin terjun memberdayakan orang desa... sesuatu yang menurut kita penting sekali, belum tentu dianggap sama urgensi beritanya... karena TOH KAMBING nya udah mati.. hehehe... #Sabar Tiasa Batas Sampai BEP..



Blajar PRODUKSI Cempe BERHASIL..
Skarang Blajar MASARIN  TERNAK nya Yang Masih TANDA TANYA..
Apakah Akan kena Jebakan Rambo Terus di Tiap Musim Qurban ??

Senin, 20 April 2015

Analisa Sementara Proses Blajar Menanam Kangkung Hidroponik... @Hidroponik For Dummies


...BAHAN ANALISA BATCH 1 sd 8 BLAJAR MENGENAL HIDROPONIK AMATARIN

Setelah berjalan 2-3 bulan lebih iseng-iseng blajar mengenal tanam menanam Hidroponik sejak akhir Januari 2015,  berikut saya coba buat analisa sederhana apakah kegiatan ini akan layak diteruskan,  harus di MODIFIKASI ataukah akan BERAKHIR begitu saja tidak lulus standar 10.000 jam terbang..







.. Masih Coba-coba..

MODAL AWAL MEDIA INSTALASI:


Investasi awal yang paling besar tentu diperlukan untuk membangun instalasi. Saya Sendiri mencoba  blajar melalui 2 jenis media yaitu Paralon ukuran 3 inch dan botol Aqua Bekas



Botol Aqua @500/botol atau gratis
 Kain Planel Rp 20rb/meter
...Bacth 2 via Paralon Amatiran..
.Pipa Paralon 3 inch = Rp70-75Rb / batang
Pipa Siku = Rp 50-55rb / batang
Sektrup dsb = Rp30-50rb
Kain Planel Rp 20rb/meter


 

Hasil ujicoba Bacth 1-2 ternyata media PARALON dimana kangkung dan bayam ditanamkan berhasil dipanen di bulan ke-2, sementara Kangkung+Bayam Bacth 1-2 yg ditanam di botol Aqua keliatannya harus ada MODIFIKASI dalam tata cara tanam agar agar bisa cepat keluar menyentuh cairan alias proses pemindahan dari sejak persemaian ke botol aqua menjadi titik kritis nya..  alias mayoritas Kangkung+Bayam+Caisim di botol aqua pada mati kurang nutrisi. # REMEDIAL..


.. Batch 3-4.. 
..Kangkung+Bayam+Caisim Langsung di Semai di Botol Aqua..


Bacth 3-4, proses penyemaian saya coba langsung di TABUR di botol aqua.. dengan pertimbangan agar rada ngirit waktu ga usah mindah-mindahin dari TRAY SEMAI...  dari cara ini KANGKUNG relatif paling sukses tumbuh karena proses pertumbuhan akar dan batang nya keliatan lebih cepat dari si Bayam.. CAISIM memegang rekor paling lelet sehingga tidak direkomendasi pakai cara TABUR PADAT langsung di botol Aqua. Di tahap ini mulai ujicoba nanam di Rock Woll.. PR tersebar nya saya masih penasaran gimana meletakan benih yg lebih cepat, karena dari tutorial di youtube kayanya input benih ke lubang rockwoll harus manual satu persatu.. mungkin untuk benih yg besar agak mudah, tapi kalo benih bayam yg super cilik kayanya enakan langsung di tabur dari sendok rendaman benih..



 ... Modifikasi Media Tanam via RockWoll..


Di Batch ke 4-5,  media semai mulai saya coba pakai ROCKWOLL, dimana sisa benih Kangkung + Bayam + Caisim mash tersisa. Entah mengapa  semai Kangkung di rock woll ini 100% gagal.. namun 90% agak berhasil untuk Bayam + Caisim... Proses pemindahan dari tahap semai ke botol aqua sengaja saya tunggu sampai akar tanaman agar besar.. sehingga bisa menembus mulut botol aqua atau gelas plastis nya..  Ternyata cara modifikasi ini cukup berhasil dengan tingkat kematian tanaman agak menurun. 


..Bacth 1 ...  
...Kangkung Bacth 1 ..

Beda dengan percobaan Di Batch 1-2 dimana tanaman langsung saya pindah ke botol aqua dan pot kecil sehingga akar agak lama menembus mulut botol dan "pot imut hitam manis"  yang ujung-ujung nya tanaman pada mati karena akar nya kurang nutrisi.



..Hasil MODIFIKASI cara Menanam..


..Batch 7-8 ...
.. Putar Otak Untuk Blajar Nanam Sayuran Merambat via Menara Buncis..



..Gagal di Bacth 1-2, Rada Sukses di Batch 3-4..


..Batch 7-8 Mulai bisa beli netpot...
..modifikasi cara naro


 ... Mulai Blajar Nanam Yang Bernilai Ekonomis
Cabe Rawit - Cabe MErah - Paprika .

..Menara Rambat buat si Buncis + Timun..
Bacth 7-8


..Dapat Sumbangan Botol Dari Tetangga..
Alhamdulillah..




.. Mulai Rada Ilmiah dikit..
Pake Alat Ukur Biar Rada Gaya




==================
...BAHAN INTROSPEKSI UNTUK TAHAP MODIFIKASI..