Sabtu, 21 Mei 2011

Lika-liku bikin Kandang Paroan... Thanks to Tony_SAPI atas sharing SAKADOnya..

Konsep PAROAN... alias BAGI HASIL diatas kerja emang terdengar mudah, namun ternyata di lapangan kemudahan itu tidak mudah untuk diraih, butuh protes yg berlika-liku untuk dilalui.
Orang sering salah melangkah dalam memposisikan diri saat berniat untuk PAROAN TERNAK, disangkanya dengan modal yang dia bawa, maka semua urusan akan gampang.


PAROAN artinya saya SEPARO, anda SEPARO..
jadi tidak ada yg boleh merasa "LEBIH" ketika kita sepakat menjalankan konsep tersebut.

SUka DUka ditanggung bersama... Besarnya mOdal yang kita belanjakan bikin kandang belum tentu seimbang dengan beratnya yang jaga kandang.

Aspek sosial dan humanis ternyata harus lebih kita tekankan dalam menentukan pondasi PAROAN TERNAK.

Jangan kaget, dengan kemungkinan dana yg banyak mubazir atau over bugdet  karena tyr error untuk membayar biaya kebloonan saat membuat kandang sampai dengan ternak datang (kata sang suhu tony_sapi namanya STUPID COST)...

lapangkan hati di dada jika semua planning yang sudah direncanakan juga berantakan.. termasuk kisah pribadi ini... dimana kandang 1-2 bulan udah jadi berdiri... tapi kehabisan dana ampe kambing domba nya ga sanggup dibeli.... sementara limit hutang sana hutang sini juga susah terlampaui.... ini karena planning awal bikin kandang ternyata masih banyak yg nyangkut di STUPID COST tadi...sebagus apapun perencaaan.. buat yang baru terjun pasti akan banyak pos tak terduga nya...





itulah sebabnya.. sebelum 3-4bln yang lalu saya memutuskan untuk membuat kandang, perlu 2 bulan meresapi kisah-kisah sang TOny_Sapi dari blog nya.. kata demi kata dari para sang pendahulu adalah koridor yang harus kita pegang agar dapat meminimalkan resiko yg akan terjadi, khususnya aspek non moneter yang menjadi key success dalam konsep paroan..

ini sekedar nambahin sharing nya sang suhu Tony_sapi dari beberapa kisah pribadi pengalaman lucu yang dialami selama proses bikin kandang.. :
  1. KETAHUI dgn pasti apa bedanya barang yang akan kita kelola.. kenalilah bedanya Kambing, Domba kacang.. dan Domba Garut.. plus aspek budaya ternak warga setempat..... kmarin karena saya mengganggap semua yg berbunyi Mbeeeekkkk adalah sama.. harganya juga dianggap sama.. , maka saya pilih ternak yg harganya paling murah... yaitu kambing dan domba kacang buat ujicoba.. ehhhhhh setelah itu ternak ada dikandang.. yang jaga buat paroan berubah pikiran ga mau PARON, dia minta dibayar buruh ngarit ajah per karung Rp10rb... jadi kalo total 8 ekor habis 2 karung sehari, maka saya harus tekor Rp600rb sebualn buat bayar yg jaga kandang... hmmmmmmmm EPISODE KEGAGALAN udah didepan mata.
  2. Setelah saya bilang ga sanggup memenuhi upah ngarit.. saya pun nyerah dan bilang akan memberikan proyek tsb ke saudara.. daripada Rp600rb ilang ke orang lain... ga kebayang dongkol dan kesel.. puluhan juta habis buat infrastruktur... tetapi faktor SDMnya error... walau akhirnya nego berhasil.. dan paroan bisa jalan lagi.
  3. Skarang PARON ok, tinggal konten ternak paroan tidak oceh.. kembali konflik jiwa dimulai.. yg Jaga  GA MAU KAMBING.. alesannya bau dan harganya lebih murah dari pada DOMBA GARUT.. padahal saat itu kambing lg hamil tua...... (pikiran yg aneh..tapi nyata.. ).
  4. Oceh.... Nego lagi.. dgn dongkol dan kesel yang mulai berlipat-lipat.. namun wajah harus tetap full senyum... itulah INTI PAROAN.. yang butuh adalah KITA!!!!.. bukan dia.. mengapa kita habiskan modal berjuta-juta demi PAROAN???? karena kita yakin untungnya juga berjuta-juta juga.. jadi sebenarnya dalam konsep PAROAN.. kita lah yang harus mengemis ngemis minta di bantu.. jangan sekali-kali merasa petangtang petengteng merasa kebanyakan modal..atau merasa kebanyakan rejeki.. karena pihak kongsian yang disuruh paron belum tentu merasa ditolong oleh kita dengan proyek paroan ini...
  5. akhirnya kepaksa cari Bandar DOMBA GARUT.. buat nukerin kambing yg hamil plus konco-konconya.. beli  Rp600rb/ekor.. dihargai Rp400rb/ekor.. STUPID COST entah edisi keberapa.. 
  6. ehhhh pas sampai ke kandang.. yg jaga nyeletuk.. "Wah .. padahal bapak konsul dulu kesini, jgn langsung ke bandar.. kita ga jadi minta tuker kambing.. mendingan yg dituker DOMBA KACANG ajah, percuma ngangon domba kacang dikasih rumput seberapa banyak juga ga akan gede kaya DOMBA GARUT... "  Silahkan kalo mau ngetawain ampe jungkir balik juga.. saya ga akan ngelarang... 
  7. akhirnya.. Call sang bandar lagi.. minta transaksi tuker tambah tadi siang dibatalkan.. 4 ekor domba kacang Plus duit Rp 2juta melayang demi sepasang domba garut dan 2 anaknya agar proyek paroan tetep jalan..


    Alhamdulilahh.. lika liku di proses awal sudah dilewati... sampai kabar baik datang ketika terakhir nengok kandang..

    sang kambing udah melahirkan .. langsung 3 ekor.....mudah2an target balik modal bisa tercapai .. biar hutang-hutang buat modal cepet lunas....... hehehehehehe

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar