Minggu, 10 Juli 2011

How to Create KAMPOENG TERNAK.....

Secara Definisi, Kampoeng Ternak bisa diartikan sebagai kampung yang penuh dengan ternak... baik sapi, kambing ataupun Domba, sehingga populasi ternak lebih besar dibanding kan populasi penduduknya..... itu mungkin jika kita lihat dari jumlah populasi ternaknya saja.


Namun ada jebakan berbahaya jika hanya melihat angka populasi sapi saja tanpa melihat siapakah pemilik ternak-ternak tersebut di desa? bisa jadi ribuan ternak didesa tersebut hanya dimiliki oleh orang "Kota" tanpa ada konsep pemberdayaan yang sistematis untuk MEWUJUDKAN MANUSIA INDONESIA "di Desa" SEUTUH nya seperti cita-cita bapap pembangunan almukarom presiden Soeharto dahulu kala.


nah...dengan konsep KAMPOENG TERNAK versi pemilik blog ini, diharapkan warga-warga lokal bisa memiliki ternak sendiri dengan strategi mengundang investor kota untuk terlibat dalam proyek ternak paroan sebagai bagian upaya pemberdayaan warga desa, sehingga tujuan akhir untuk meningkatkan  pendapatan PER KAPITA alias GDP warga desa bisa terlaksana yang sudah barang tentu GDP warga kota juga akan ikut terangkat.

Dalam pelaksanaanya.. tentu saja CHANGE MANAGEMENT merubah pola kebiasaan dan budaya ternak warga menjadi pola ternak profesional dalam berKAMPOENG TERNAK sangat menarik untuk diterapkan.
Lihat saja foto ini, sepasang kakek nenek sanggup "ngangon" puluhan sapi di hutan, tinggal kita upgrade kemampuan dan peralatan Insya Allah sapi nya lebih sejahtera.
Perlunya warga desa untuk mengetahui visi Kampoeng Ternak juga harus mulai disosialisasikan karena belum tentu 100% warga memahami keberadaan sebuah kandang sentral.

Perlu terobosan-terobosan strategi  sehingga ditemukan cara agar seluruh stakeholder warga desa segera tahu dan faham apa yang saya lakukan di desa mereka, apa yang saya inginkan, dan sebaliknya apa yang diinginkan warga desa atas keberadaan kandang sentral tesebut yang terintegrasi dalam sebuah sistem manajemen kandang .


Add caption
Yang penting, unsur-unsur yang menjadi bagian Change Agent, Sponsor dan Target Perubahan menuju visi KAMPOENG TERNAK sudah menemukan titik terang, menemukan bentuk dan arah yang cepat dan tepat untuk mencapai cita-cita tersebut... yaitu.. dengan strategi pakai Ferrari dan simpan dulu si Carry...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar