Minggu, 11 Maret 2012

Audisi "Sapi Cerdas" Idol.... Langkah Awal Menuju Terwujudnya Social Enterprise di PeternakanSaKaDo


Social Enterprise are social mission driven organizations which apply market-based strategies to achieve a social purpose.... 
A social enterprise is an organization that applies business strategies to achieving philanthropic goals. Social enterprises can be structured as a for-profit or non-profit. (Wikipedia.Com) 
===============================================================

Gara-gara iseng yang menjerumuskan... akhirnya saya terpaksa harus "di sidang" untuk mempertanggungjawabkan Proposal Konsep "Sapi Cerdas" PeternakanSaKaDo dalam sebuah panel majelis para pengurus ZIS INDOSAT, sebuah pioner lembaga ZIS PERKANTORAN yang kiprahnya cukup lumayan bejibun dalam bidang sosial di negeri ini... 

Konsep "Sapi Cerdas" yang merupakan jurus copas ide dari rekan se-Dpra yang lebih dulu makan asam garam dalam dunia sakado dan pemberdayaan masayarakat, justru membuat saya makin "berbasah-basah terjerumus" memutar otak mencari "platform" yang best practise dan applicable menuju konsep pemberdayaan ternak yang seutuhnya menuju terbentuknya suatu "SOCIAL ENTERPRISE" di Desa Babakan Asem yang menjadi Desa Binaan tersebut.

Untunglah karena kandang itu di bangun dengan konsep berjamaah sebagai bentuk kegiatan Employee Social Responsibility - ESR Non FORMAL, maka tidak perlu harus saya sendirian yang harus disidang oleh para pengurus yang notabene rekan kerja di kantor juga.. maklum dgn posisi cuma Tukang Entry Akuntansi alias staf penata buku doang, biar lebih lancar dan pede, tentu rekan kantor yg posisinya lebih HIGH GRADE harus saya seret juga biar jadi  "Backing Moral" saya dalam audisi tersebut...kaya maen caturlah dikit.... pion lawan pion, mentri lawan mentri juga,  berhubung bahasa para pion pasti beda dengan bahasa yg biasa dipakai para mentri.. biar lebih nyambung gituh ngobrolnya...

Dari 27 orang pemilik slot kandang yg pernah terlibat dalam proyek perintis tentu masing-masing punya potensi.. cuma MASALAHNYA kita tidak tahu KAPAN potensi mereka itu bisa dicurahkan maksimal dalam pemberdayaan ini TANPA JEDA... jika terjadi ada yg CUTI PANJANG atau tidak kuat dengan dua kata syarat kunci pemberdayaan yaitu konsep TERIKAT dan TERLIBAT, maka kitalah yang harus segera mencari terobosan MENCARI PEMAIN CADANGAN agar proyek berkandang dunia-akherat ini bisa TETAP TERUS BERLARI berpacu dengan sisa umut kita... itulah landasan mengapa perlu terobosan Konsep Sapi Cerdas karena pemberdayaan itu memang membutuhkan nafas yang panjang dan bahan bakar yang tidak terputus....

"... Menarik sekaligus mengkhawatirkan. Menariknya karena kepedulian makin libatkan kalangan menengah atas. Menarik karena kepedulian tak lagi identik dengan sosial atau charity yang sesaat dan komsumtif. Menarik namun juga sekaligus mengkhawatirkan. Bila Latah, usianya pasti seumur jagung.... Erie Sudewo, Pendiri Dompet Dhuafa--Pemenang Social Entreprenuer Award 2009 dari EY"

Tinggal PR buat saya untuk men-selaraskan konsep Sapi Cerdas ini dengan sudut pandang dari pihak ZIS yang mempunyai batasan koridor pihak-pihak penerima dana bantuan sebagai sasaran tembak pemberdayaan. Jadi mulai saat ini BUKAN HANYA urusan berkandang yang harus Profitable saja yang menjadi tugas MANAJEMEN INTI PENGELOLA KANDANG, namun aspek PEMBINAAN MISI AKHERAT kepada para warga dari jalur Ashnaf ZIS  yang akan dibidik berdasarkan data buku POTENSI DESA BABAKAN ASEM juga harus mulai dipikirkan akan dibawa kemana.. karena cita-cita PeternakanSaKaDo adalah membangun konsep berkandang Dunia-Akherat.. maka Silabus Pembinaan Akherat nya pun harus mulai dibuat kurikulum nya..

Tantangan terbesar dari hasil audisi dengan para pengurus ZIS adalah pertanyaan mengenai #Konsep Bagi Hasil dengan Dhuafa Peternak Kemitraannya Detail nya seperti apa plus #Pertanggungjawaban Administratif yang akan PeternakanSaKaDo berikan sebagai indikator progres "Sapi Cerdas" itu berhasil.. #Apa kriteria keberhasilan "Proyek Sapi Cerdas" tersebut SELAIN dari ternak yg beranak pinak..... #apa planning PeternakanSaKaDo dalam memberikan "Konsentrat Rohani" kepada para "ANAK KANDANG".....# bla bla bla..maklum  lah sudah bukan rahasia lagi jika dana-dana sosial itu lebih sering mandek dibandingkan menjadi suatu DANA PRODUKTIF BERGULIR yang di cita-citakan.. ibarat nabur garam ke laut... POTENSI DANA ZAKAT berlimpah, namun Ummat masih terbelakang jasmani dan rohani... dimanakah yang salah??

"... di kehidupan nyata usaha rakyat yang tadinya subsistem (hanya cukup untuk makan),kini untuk makan pun tak cukup. Saat rakyat makin ngos-ngosan hidup, masyarakat menengah tetap datangi perumahan dan mnimarket dan raksasa market. Masyarakat tak paham karena juga tak pernah mau bertanya tentan bagaiman real estate dibangun dan tak peduli pada konteks beragam market dan lingkungannya... Erie Sudewo"

Bicara soal PEMBINAAN SPIRITUAL ANAK KANDANG, tentu jurusnya pun sama.. tinggal copy paste saja dengan yang selama ini sudah dilakukan melalui Konsep-Konsep AKSI DAURAH keislaman dengan melibatkan orang yg lebih kompeten dalam bidangnya.. TUGAS SAYA HANYA MEMBUKA JALAN DI HUTAN ... yang ngisi silahkan USTADZ-USTADZ YANG LEBIH AHLI yang akan berperan.. tidak mungkin semua kita sendirian ang mengerjakannya... itulah konsep berkandang dunia-akherat yang saya cita-citakan..

Tinggal Pilih Saja kira-kira Mana silabus yang cocok diberikan terlebih dahulu dengan "kondisi keislaman" warga yang terlibat di kandang.. apakah mau kita kasih Daurah Jenazah.. Daurah Qurban, atau Daurah Taaruf Keislaman lainnya melalui pengajian rutin kandang..

Begitulah.. mengapa saya simpulkan Audisi "Sapi Cerdas" ini bisa jadi pondasi loncatan menuju impian-impian yang masih dalam khayalan...  karena sangat logik sekali dengan "Tantangan" yang diberikan majelis pengurus ZIS TERSEBUT..  jika rombongan USTADZ sudah bulak balik ke desa.. lalu urusan Kandang duniawi secara bisnis sudah bisa mendatangkan perputaran uang di desa binaan, tinggal selangkah lagi MIMPI Pesantren Wirausaha PeternakanSaKaDo bisa di realisasikan...dengan semakin besar urusan kandang, tentu semakin banyak dibutuhkan SDM.. mengapakah ga sekalian SDM nya juga tidak dikandangkan dalam suatu Pesantren??? cuma syaratnya PASTI BERAT juga.. yaitu CASHFLOW dalam BERKANDANG harus benar-benar sudah lebih dari sekedar POSITIF.. alias SURPLUS, kehingga semua kebutuhan yg mondok bisa terpenuhi dari cashflow kandang.


Pembinaan kepada anak yatim/piatu/dhuafa yang menjadi anak kandang pun menjadi bidang yang prospektif.. apalagi jika anda aktif dalam bidang kaderisasi para kader dakwah.. daripada kelimpungan ngajak level senior yang sudah bengkok di sana-sini.. mendingan curahkan energi dengan menggarap kalangan yang masih "Suci dalam Debu" agar generasi masa depan lebih baik daripada generasi kita saat ini..

Mimpi... Mimpi dan Mimpi. ....bermimpilah karena hidup kita akan jadi indah... Tinggal kita ikuti lagi CARA BERMIMPI yang benar ala Tony_Sapi yang sudah terbukti manjur.. Kuncinya mimpi itu harus 24 x 7 kita Pikirkan.. agar benar-benar merasuk ke dalam hati sanubari, sehingga setiap pojokan otak kita senantiasa terpacu untuk mencari jalan untuk merealisasikan step by step mimpi tersebut
  
berMIMPI itu jelas lbh mudah dari BerBICARA, sayang....tak semua org yg pandai BICARA pandai pula MENULIS kan ucapannya.. , tapiiiiii dari sekian banyak Org Yg pinter Nulis. hanya sedikit dari mereka yg Bisa MENGERJAKAN apa yang mereka Tuliskan... dan dari sedikit org yg BIsa BeKERJA itu....Hanya segelintir orang yg SANGGUP BEKERJA dgn IKHLAS untuk Mewujudkan Mimpi-mimpi Mereka....itulah mereka ORANG_ORANG PILIHAN Allah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar