Sabtu, 08 November 2014

Bedah Buku buat blajar Jurus A.T.M...... # Buat di Uji Praktek @Tebar_Qurban Kambing & Domba..#



.... Repost Versi 15 Jan 2013...


Amati, Tiru Dan Modifikasi katanya adalah cara yg paling gampang untuk belajar memulai sesuatu. Jurus ATM ini tentunya paling afdhol kalo diawali dengan perbanyak pendalaman Study Literatur alias mem-BEDAH BUKU yang banyak beredar di toko buku maupun di dunia maya,.... lalu kita branikan diri untuk mencoba merealisasikan semua sharing dari para senior tersebut, mudah-mudahan dengan jurus COPY PASTE ini bisa kecipratan sukses seperti mereka... 

Begitulah strategi di awal tahun 2013 yang ingin saya terapkan dalam nyanyian nada dasar ternak KADO.. KAmbing-DOmba. Mudah-mudahan praktek dari belajar BEDAH BUKU ini bisa dijadikan platform untuk simulasi kemitraan dalam pengembangan perintisan pemberdayaan ternak di SaKaDo_Academy kelak.. 


Knapa saya milih jurus BEDAH BUKU ? begini critaya.. Jika saya ingin ngajak orang terlibat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa via kemitraan ternak, biasanya timbul berbagai pertanyaan.., daripada saya pusing-pusing jelasin Ato Z.. mendingan saya suruh aja pada beli buku-buku yang dijadikan bahan BEDAH BUKU.. dari sanalah semua konsep stream bisnis, pemasaran bahkan detail timetable dan jurus-jurus beternak kambing-dombanya bisa kita dapatkan dan tinggal saya CopyPaste untuk dipraktekkan di PeternakanSaKaDo.. ibarat resep, semua bahan sudah di infokan dan tinggal di praktekkan saja.., kalo ada yg ga jelas, tinggal tanyain ke penulis buku nya.. hehehe

Biasanya.. pertanyaan-pertanyaan yang memang wajib di lontarkan oleh kita-kita yang mau mengeluarkan dana kira-kira kaya gini.
1. Skenario revenue stream bisnis nya kaya apa ? 
2. Berapa Margin Bagi Hasil nya.. 
3. Kemana Ngejual Hasil produksi nya 
4. Gimana kalo ada ternak yang mati dll 


....2013-2014 UjiCoba nya Baru sebatas Urusan Produksi...
.Hasil: .Yang Mati ada Banyak., Yang Beranak Pinak Juga banyak..

    Atau pertanyaan yang lebih advance lagi yang pernah saya dari seorang rekan yang jadi  juragan madu ketika saya usulkan adanya Tabungan Qurban di lingkungan pengajian seperti gini : ".... sebenarnya mau dibawa kemanakah kegiatan yang ditawarkan ini....? Apa bedanya saya beli kambing qurban dari ente dengan beli kambing qurban di lapak pinggir jalan.. ?, bukankah ente tidak mengelola langsung kandang tersebut, tapi baru sebatas SaKaDo_Thinker doang di dunia_maya ?.. Sudah berapa tahun ente kenal dengan para warga yang akan mengelola duit-duit kita...?"... 

    Pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan seperti di atas merupakan inputan berharga agar kita semakin yakin atas langkah kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka manajemen resiko.. ibarat mata pisau yang senantiasa diasah melalui berbagai macam pertanyaan, maka setiap brainstorming tersebut akan semakin memperkuat konsep bisnis yang selama ini kita coba anut. Jika jawaban yang kita berikan saja tidak menyakinkan, bagaimana pula daya dan upaya kita dalam memperjuangkan masa depan akan maksimal ...



    Borong Kayu dulu buat upgrade Kandang Relokasi ex-Cileunyi Sebagai Kandang Qurban

     

    Ada 3 Pilar yang ingin di bangun dari jurus ATM Bedah Buku ini:

    1. Komposisi Ternak yang ideal untuk Uji_Nyali Kemitraan Ternak (Aspek Pendanaan)
    2. Sinergi dengan Jurus Rotasi Indukan Domba_BERDIKARI (Aspek Produksi)
    3. Sinergi Pemasaran dengan PROGRAM TEBAR_QURBAN (Aspek Pemasaran) biar ga kena Jebakan Rambo dalam beternak...


    n


    Mudah-mudahan dengan 3 PILAR di atas, semua misi kegiatan yang ada di desa binaan bisa di link &match.. yaitu program pemberdayaan Dhuafa Domba_BERDIKARI bisa mensupply Betina Indukan setiap saat, Uji_Nyali Kemitraan Ternak dari para Shohibul Maal sebagai buyer awal kemitraan juga bisa lancar dan bisa mendapatkan Bagi Hasil kemitraan, dan Shohibul Qurban yang mulai nyicil @Tabungan Qurban sebagai buyer akhir dari ternak-ternak yg dipiara di desa binaan bisa mendapatkan Hewan Qurban pilihan Terbaik ... 

     ....TERNYATA... 
    SETELAH DIJALANI, MASING-MASING PILAR INI BERJALAN SENDIRI-SENDIRI... ALIAS MASIH JAUH DARI MIMPI LINK & MATCH




    3 sasaran dari mempraktekkan Bedah Buku tersebut bisa di kemas menjadi satu kesatuan dalam mensiasati adanya perbedaan kepentingan dari masing-masing pihak yang terlibat.. ada yg butuhnya uang buat urusan perut harian (WARGA BINAAN) ... ada pihak yg kelebihan uang ingin memberdayakan dhuafa tapi juga ingin menikmati keuntungan investasi (INVESTOR KEMITRAAN) .. ada juga yg memang uangnya Cuma buat keperluan ukhrowi tapi baru bisa di serahkan saat qurban nanti (SHOHIBUL QURBAN)..


    Nah, agar kita bisa belajar bersama dengan referensi yang sama.. maka saya coba untuk mengaplikasikan dari sumber buku yang sama pula.. jadi kalo suatu saat pembaca blog ada yg berminat bikin kandang sendiri... bisa tinggal cari buku diatas dan blajar praktekkan pake Jurus ATM ...


    KANDANG HASIL REALISASI PROKER @2014


    Ok.. kita coba PAKET Domba di PROKER 2013 dengan komposisi 1:10:10 sesuai saran di buku yang kita bedah ini... semua asumsi komplit tercermin di table di ats, mulai target umur bakalan, dan kebutuhan pakan ternak sampai biaya-biaya yang timbul.. 

    Begini kira-kira simulasinya.. di bln-1 kita akan butuh dana untuk pengadaan 1 Pejantan Pacek, 10 Bakalan Jantan Qurban dan 10 Indukan Betina (idealnya sudah bunting dan siap lahiran di bln-2.. INI YG RADA SUSAH NYARI NYA...). Memastikan Indukan betina dengan umur kehamilan yang sama dan siap beranak pinak di bulan ke-2 tentu bukan perkara gampang saat kita mencoba mempraktekkan BEDAH BUKU ini..


    Menginjak bulan ke-2.. kondisi ceteris paribus yang dipakai di buku kayanya bikin saya agak pesimis.. MENGAPA ? .. karena memang dibuku skenarionya pake level OPTIMIS dibulan ke-2 tsb.... yaitu 10 Indukan Betina yang kita beli di bln-1 sudah pada lahiran dan memberikan kita 13 ekor anakan baru..  JADI total ternak kita di bln ke-2 adalah : 1+10+10+13 = 34 Ekor ternak... ASYIK KAN ???? 

     Kalo Tidak Sama-Sama Cinta.. Kawin Paksa Tidak Akan Terlaksana


    Lanjut..langsung loncat ke bulan ke-7.. 

    Kira-kira menginjak bulan ke-7 komposisi ternak, umur masing-masing dan biaya-biaya pakan akan tercermin dari table di bawah ini... seiring bobot ternak yg makin naik.. maka biaya pakan bulanan pun mulai meningkat.. tadinya cuma Rp157rb-an.. sekarang di bulan ke-7 jadi Rp300rb an..

    Singkat Cerita.. sampailah kita ke bln-12.. Ujung dari program yang akan kita praktekkan..  
    Hasil nya adalah..:
    1. 10 bakalan Qurban berumur 17 Bln yang siap di potong dgn bobot >30Kg 
    2. 10 Indukan Betina berumur 23 bln.
    3. 13 anakan berumur 11 bln dgn bobot 25-31Kg
    4. 13 Anakan yang masih ABG berbobot <20Kg
    Dan.. Tinggal BINGUNG nanti jualannya KEMANA.......hehehe..wajarlah, namanya juga pemula.. #..produksi oceh vs pemasaran masih parah..# itulah sebabnya mengapa wajib ada Tabungan_Qurban dan Tebar_Qurban di desa binaan.


    ..Hasil Simulasi Pada Program Domba UJE-3..
    ..Dari 3 Indukan berkembang 8 Anakan...

    Ini baru simulasi hasil yang ingin di capai dari Skenario program kerja yang akan saya coba di awal tahun 2013 ini.. tentu saja ini harus bisa di terjemahkan lagi dalam suatu itung-itungan feasibility study yang lebih update.. karena harga-harga di lapangan pasti agak berbeda dengan asumsi yang di gunakan di buku... namun sebagai pedoman bagi saya yang berjalan di kegelapan.. tentu BEDAH BUKU ini akan menjadi secercah sinar terang dalam mengawali langkah... minimal buat orang kaya saya yang masih gelap gulita blajar memahami resiko resiko di dunia peternakan...  Amin..


     ========================================

    STATUS END of OCTOBER 2014
    KITA ULANG BEDAH BUKU NYA BUAT PROKER UJI_NYALI 2014

    ...Data Statistik Kandang nya masih sering kurang akurat... 


    .... Masih Susah Mencapai Target Tiap Minggu Ada Lahiran....

    ....Pejantan UjiNyali nya harus kelas Premium.. 
    agar saat Tebar_Qurban punya nilai Subsidi Silang yang Makyusss


    ....Di Lapak Qurban ... Model Kaya Gini pricing nya >Rp3-4Jt...

    ....Qurban buat Jabotabek... 
    ...Kambing jadi favorit.. karena bisa menang di tinggi badan...

    .....lahiran bulan oktober 2013..smoga sehat sampai dewasa...


     Karena Keterbatan Dana Yang Saya Miliki..
    Ujicoba nya hanya bisa beli 1 Indukan saja...



    ... Ini Bukan ...ini Bukan Domba Paroan Saya ya...
    Tapi Titipan Gerombolan Dombanya Remitansi TKI Madinah..


    ..Tebar_Qurban Nya Baru di Level 6-7Ekor...
    ...Alias Baru bisa Create 10-15Jt Dana Masuk Ke Desa...
    Alias Masih Jauh Dari BEP balikin Modal nya para Donatur Paket Uji Nyali







    .....@Nov 2014.....

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar