Selasa, 19 Juli 2011

Blajar MENGENAL Konsep BAGI HASIL SEDERHANA dari PAROAN TERNAK



MENGAPA HARUS "PAROAN" SAPI ?

Ditengah berbagai macam penawaran PAKET INVESTASI, ada satu hal yang menarik disimak, yaitu masih banyak kalangan yang kelebihan uang, namun kebingungan ataupun belum mempunyai kemampuan dalam mengelolanya sehingga menjadi sasaran paket-paket investasi tersebut.... Ada yang beraninya hanya naro uang di bank, ada yang senang main saham, atau yg lagi nge-trend saat ini dengan BerkebunEmas, ada lagi TRADING EMAS Online berskema MLM, ada juga Arisan DAGING SAPi nya Koperasi Biru Langit yg kolaps... dsb..



Yang jelas,.. apapun pilihan jenis investasi kita.. disitu pasti ada resiko nya.. jadi jangan terjebak kepada gembar gembor investasi tidak beresiko.. tapi fokuslah kepada RISK MANAGEMENT nya.. mau berkebun_emas atau berkandang sapi.. semuanya ada Risk & Return..  ada Amal vs Pahala.. #memperbanyak emas, berarti memperbanyak investasi yg Amal nya Diam..#  yang ujung-ujung nya pahala kita jadi kecil karena dana kita tidak menggerakkan sektor real pemberdayaan ekonomi ummat.. bgitu kata pa ustadz yang ahli ekonomi syariah bilang.. 








Ataupun yang rada aman dan masuk akal dengan BETERNAK PROPERTI dll . Tidak menutup kemungkinan seseorang akan mengalami PERGESERAN PILIHAN PAKET INVESTASI seiring dengan perjalanan hidup nya. Tadinya maniak bermain saham, tiba-tiba maniak nyoba investasi di sektor real yang melibatkan hajat hidup perut orang banyak ... PROFIT pribadi memang PENTING, namun GROWTH KEMAKMURAN ORANG BANYAK pasti lebih penting.....alias mulai banyak orang mencoba terjun ke sektor usaha yang banyak menyentuh sisi pemberdayaan ekonomi ummat, misalnya ... ya usaha pemberdayaan ternak sapi ini.





Jika tidak berani beternak sendiri, maka mengajak teman yg lebih banyak memiliki modal dan mencari teman yang punya pengalaman beternak adalah cara terbaik mencoba investasi sapi seperti yang kami lakukan ini. Jangan tertipu dgn foto disamping, dari 54 ekor dikandang, hampir 95% adalah titipan para investor teman-teman kantor, TUGAS saya adalah mengelola bagaimana agar amanah titipan sapi tersebut bisa gendut, tidak mati dan bisa dijual dengan harga jual yang memuaskan...ga lebih kaya supir angkot... jika kandang itu ibarat angkot, maka sang angkot harus narik setoran terus walaupun isi penumpangnya berganti-ganti..

Lalu jika ditanya mengapa harus "Investasi" Ternak Sapi ? hmmm agak sulit menjawabnya.. tapi jawaban yang paling susah dibantah mungkin agar kita lebih mengenal Sang Khalik jika kita sering-sering ber-KANDANG, simaklah kalam Ilahi berikut….:




"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benarbenar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orangorang yang meminumnya" (An nahl 66).

Cukuplah Surat An Nahl 66 untuk anda jadikan alasan mengapa harus mencoba "Investasi" Ternak Sapi.....  Sami’na wa Atho’na. alasan lainnya gampang dicari, tapi jika masih kurang baiklah kita tambahkan dari sisi harga ternak, selain harganya pun dijamain stabil 1 kambing=1 Dinar (4,25gram emas), atau saat qurban quota 1 sapi=7 kambing berarti selamanya harga 1 Sapi=7 Dinar. Tentu saja ukuran 1 Dinar adalah ukuran kambing gemuk yang tidak kegemukan dan tidak kurus-kurus amat. 

Urusan selanjutnya, ditinjau dari SEMUA SUDUT keilmuan, investasi ternak sapi pun SAMA dengan paket investasi lain, PERLU ilmu manajerial, ilmu pemasaran, ilmu distribusi, ilmu produksi,  ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu lainnya baik ukhrowi dan duniawi…. 
Konten nilai pemberdayaan masyarakat dalam beternak bagi sebagian orang dapat mendatangkan KENIKMATAN tersendiri karena dari situlah setiap biji zarah pahala kebaikan akan menjadi  MODAL kita di akherat kelak… terlepas dari hasil investasi ternak itu memuaskan atau mengecewakan ….. minimal dengan memikirkan nasib banyak orang dari proyek pemberdayaan yang kita lakukan, kita dapat menabung agar orang yang mendoakan kita semakin banyak. atau sebaliknya, dengan puluhan warga yang terlibat di kandang merupakan asset pembentukan ummat yang berkualitas, pa ustadz bilang kandang bisa dijadikan sarana medan dakwah baru.
Bandingkan dengan main saham atau bisnis trading online, singgungan silaturahmi yang timbul dari investasi saham paling hanya terbatas antara investor dan broker, atau Upline-Downline.. atau katakanlah anda berkebun emas, silaturahminya mungkin akan terbatas dengan pegawai bank tempat anda gadaikan emasnya, kecuali jika anda menjadi pedagang emas, silaturahmi sebagai pedagangnya pasti tak terbatas... tak heran jika status pedagang katanya 9x atau 99x lebih banyak mendatangkan kebaikan.. apalagi jika anda jadi peternak dan pedagang sapi... heheheehe

BAGAIMANA POLA BAGI HASIL KEGIATAN PENGGEMUKAN SAPI ?
Konsep  dari  usaha  penggemukan  sapi  yang paling sering dilakukan di kalangan masyarakat kita adalah  sistem BAGI HASIL yang  melibatkan  pemilik modal dan Pengelola Kandang sebagai pemelihara ternak dari sang pemodal. Contoh Bagi hasil yang dicita-citakan PeternakanSaKaDo sendiri idealnya dihitung dari keuntungan bersih usaha yang alokasi nya bisa sbb: 

Infaq Sosial Desa merupakan "dana CSR" yang dialokasikan pengelola kandang agar keberadaan proyek kemitraan ini dapat dirasakan lebih luas oleh warga yang tidak terlibat langsung di kandang sapi.

PerternakanSaKaDo


Dengan Visi KAMPOENG TERNAK yang dimiliki, strategi paroan yang dilakukan adalah dengan mendirikan KANDANG SENTRAL, yaitu kandang ternak kolektif berkapasitas 30-40 ekor sapi, agar sistem manajemen dan pengawasan perkandangan dapat dikelola dengan baik dan profesional, cara ini berbeda dengan paroan tradisional dimana sapi ternak dititipkan di kandang pribadi milik penduduk desa yang terpisah-pisah sesuai lokasi kandang masing-masing.  

  Operasinal Kandang Sentral melibatkan warga desa yang berminat untuk menjadi pemelihara/bekerja di kandang dengan dibantu tenaga kesehatan ternak dari dinas terkait yang juga terlibat dalam seleksi pemilihan ternak dan melakukan pemeriksaan kesehatan ternak secara periodik. 

  Tema Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan merupakan inti dari keberadaan PeternakanSaKaDo yang kami dirikan karena hanya dengan peningkatan kesejahteraan warga yang terlibat dalam kemitraan ternak akan berdampak pula kepada kesejahteraan para pemodal dan pengelola kandang. jadi kalo motifnya nyari margin biar untung.. nampaknya masih perlu perjalanan panjang karena yang namanya PEMASARAN tidak akan membedakan mana produk pemberdayaan dan mana produk yg pure ternak profesional..


JENIS SAPI YANG DIGEMUKKAN

Jenis sapi yang pernah dikelola antara lain sapi jantan persilangan antara sapi lokal dan sapi Luar yang biasanya didapat melalui  proses kawin suntik (Inseminasi Buatan), seperti jenis Simental , Brahman dan Limousine. Keunggulan jenis sapi tersebut adalah pertambahan berat badan per hari bisa mencapai 0,5kg s/d 1,5 kg tergantung kualitas pola pakan yg kita berikan,  dengan berat badan maksimal dapat mencapai lebih dari 1 ton.

BERAPA LAMA BISA BALIK MODAL?

Pilihan jenis "investasi" sapi tentu saja akan menentukan periode investasi. Jika kita nyasar di Breeding alias ngarep pembibitan dari anakan sapi, maka dalam kondisi harga normal tidak ada gonjang ganjing importasi sapi, minimal butuh 9 bulan bagi sang sapi betina untuk bunting dan beranak (top markotpo bangets katanya tuh), belum lagi adanya masa penyapihan dll... jadi buat sebagian kalangan.. Trading jual beli bakalan akan lebih menarik daripada menggemukkan... tentu saja asal kita punya channel pemasarannya buat trading trsb..




Di PeternakanSaKaDo, saat ini sedang bereksperimen melakukan pola bagi hasil yang difokuskan dalam penggemukan sapi jantan dengan tujuan penyediaan sapi pedaging/sapi potong, dimana target bobot akhir sang sapi menjadi acuan dari lama program investasi ternak tersebut. Katakanlah saat kita beli bobot sapi 200Kg, target saat dijual kelak harus mencapai lebih dari 350Kg.. nah tinggal bagi saja kemampuan pengelola kandang meraih pertambahan bobot 150kg tersebut selama berapa lama (hari).. itulah yang dijadikan lamanya periode investasi. Dengan Bantuan Timbangan Ternak Digital, maka pertambahan berat harian ternak akan lebih terkontrol untuk mencapai target akumulasi 150Kg tersebut.

Saat ini kami sedang mencoba 2 jangka waktu penggemukan, yaitu program 4-6 bulan dan program 12 bulan penggemukan untuk keperluan supply qurban. 





 
ANALISA KEUANGAN POLA BAGI HASIL 

Skarang, mari kita berandai-andai dalam suatu simulasi pola bagi hasil penggemukan sapi.
Misalkan Pak  Untung ingin mencoba melakukan investasi sapi, berapakah modal yang dibutuhkan dan berapa besar bagi hasil yang akan diperoleh selama periode penggemukan tersebut? Mari kita simak ilustrasi nya sbb…


Secara sangat sederhana, biasanya dalam pola investasi ternak, hanya 2 komponen pokok investasi yang dibutuhkan, yaitu:
1. Modal Untuk Beli Sapi,tergantung harga berat hidup saat itu.
2. Modal Biaya Pakan, tergantung dari pola pemberian makanan. (untuk peternakan full konsentrat, biaya pakan katanya bisa >Rp20rb/ekor/hari)


Keuntungan investasi bagi hasil nya, tinggal menghitung saja harga saat penjualan  yang akan disepakati dikurangi dengan biaya operasional kandang yaitu biaya pekerja dan biaya pakan. (asumsi harga jual dgn bobot tsb dalam simulasi ini adalah saat musim Qurban, harga jual real di pasaran saat ini bisa di lihat di web dinas ternak jabar).

Note: Untuk perhitungan dgn skenario yg lebih realistis klik disini!)


Jadi  dengan modal awal Rp 7.500.000 yang  di investasikan Pak Untung dalam program penggemukan 1  ekor  sapi akan didapatkan keuntungan bagi hasil sebesar  Rp.1.250.000 untuk jangka waktu penggemukan 100 hari. Sehingga pa Untung akan mendapat Total Transfer Rp 8,25jt yaitu dari pengembalian investasi sapi Rp 6,5jt + Uang pakan Rp 1jt + Bagi Hasil Rp 1,25jt.
  
Atau dalam setahun jika pa Untung  melakukan 3x investasi di program penggemukan,akan memperoleh total bagi hasil Rp 3.750.000 dari  modal awal hanya Rp 7.500.000 yang di re-investasikan terus menerus.   

  
NAMANYA JUGA SIMULASI.... 
PASTI CONTONYA DIBUAT YG UNTUNG TERUS...

Coba bandingkan jika uang Rp 7,5jt tersebut anda simpan di Bank, tentu hasilnya dijamin jauh dari Rp 3,75jt Hasil 3x program penggemukan dalam ilustrasi di atas..

Namun tentu saja ini dengan asumsi harga jualnya memang sedang naik dibanding saat kita beli..  Kadang kala EFEK TATANIAGA IMPOR SAPI pun harus DIWASPADAI, alias tidak sesederhana hitungan di atas dan kondisinya malah bisa kebalik jadi BUNTUNG.. 

 jadi tetap saja apapun pilihan investasinya.. mau sapi.. mau emas.. mau property dll... persiapan secara keilmuan perlu dilakukan..


untuk simulasi dgn harga tetap ..silahkan simak simulasi berikut..
 

11 komentar:

  1. Hey there just wanted to give you a quick heads up and let you
    know a few of the pictures aren't loading properly. I'm not sure why but I think its
    a linking issue. I've tried it in two different internet browsers and both show the same outcome.
    Also visit my webpage - Investasi Emas

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. apakah ada info kembali hasil paroan ini Pak?
    realisasi dan hasil konsep ini.
    kalau kapan2 mau melihat-lihat kandang & pternakannya apakah diperkenankan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tulisan jadul ini hanya hasil bedah buku saja pak Abu Naufal, tetapi setelah saya jalani selama 5 thn blajar paroan jarak jauh, memang gambaran kasarnya tidak jauh seperti itu sih..

      kasarnya.. untuk paroan ada yg shot term dan long term, kalo short term hanya ngisi kandang saat akan musim qurban, kalo longterm agak lebih report kalo hanya by remote krn kita tinggal di kota..

      misal musim qurban kemarin, kita beli bakalan sapi setelah idul fitri sekitar 12jt an.. dijual untuk qurban masih ada transfer hasil paroan sekitar 1-1,5jt

      high risk high return memang... kalo sapi gak mati sampai musim qurban kita bisa agak senyum senyum dikit...


      Hapus
  3. Saya berminat investasi Sakado. Bagaimana caranya ? Proposal dan nomor kontak mohon diemail ke : cakdulfid@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. mohon maaf sekali.. sakado ini masih taraf pembedayaan.. bukan investasi...

      kalo level pemberdayaan.. kita support dana tapi tidak mengharapkan investasi pasti kembali, karena blm ada yg bisa memberikan garansi dana yg diinvestasikan untuk paroannnya aman.

      namun jika ingin ikut berpartipasi, silahkan bisa datang langsung ke Desa Babakan Asem kab Sumedang agar lebih mengetahui resiko resiko yang ada sebelum dana nyangkut di kandang sapi.

      dari mulai blajar paroan sejak 2011, baru di 2017 ini saya pribadi tidak kejeblos, itu pun karena mencari sendiri pasar qurban.. sehingga dari A-Z nya kita yg handle.

      untuk ROI qurban 2017 ini, pengalaman saya memodalin 2 ekor sapi qurban seharga Rp20jutaan, bisa kita jual di harga Rp30juta. dipotong biaya-biaya dsb masih ada sisa Rp5jutaan buat paroan bersih. tapi syaratnya end pasar qurban nya kita sendiri yg nyari.

      jika hanya menitipkan uang.. kemudian berharap dapat paroan saja, resiko sangat besar... karena dunia persapian khususnya musim qurban itu lebih kejam dari tajamnya pisau jagal...

      Hapus
  4. Minta alamat lengkap nya ato kontak wa bisa. Saya mau nitip 2 ekor sapi dulu untuk awalnya. Tapi setelah oenjpenju nanti mau nambah lagi, begitu seterusnya. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Saya hidup didesa rumput melimpah lahan ad klw untuk kandang karna sebagian besar pekerjaan petani jdi tidak susah cari pakan sayangnya gk ad modal mohon pencerahannya master tw ad yg mw berinvestasi ni wa saya 085764476824

    BalasHapus
  6. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus