Rabu, 25 Mei 2011

PEMASARAN hasil KANDANG...

Banyak orang yang bertanya, kemanakah nanti hasil ternak kita akan dijual?

Pemasaran, merupakan salah satu upaya untuk mempertemukan penjual dan pembeli..kita semua pasti faham akan hal itu. Penjual dan pembeli hanya akan mau bertransaksi jika terjadi harga yang disepakti..

Nah berarti, inti dari semua jawaban pertanyaan itu ada dimasalah HARGA yang kita inginkan..
jadi sebelum kita menentukan kemana kita harus jual, pertanyaan mendasarlah yang harus kita tentukan terlebih dahulu, BERAPA HARGA yang kita kehendaki...

Jika target awal masih mentolelir margin penggemukan yang tidak besar, berarti tuntutan pemasaran dan penjualan hasil kandang tidak perlu memasang target ideal, cukup bawa hewan ternak ke pasar hewan terdekat, seperti foto berikut hasil survey pemasaran yang dilakukan pengelola kandang kita.. meskipun idul fitri dan idul adha masih jauh, namun ternyata harga mulai merangkak naik dari waktu pengadaan bakalan untuk kandang dulu.

Namun jika ternyata kita ingin memperolah harga yang maksimal, maka sejak dari sekaranglah kita harus mulai menginventarisasi pihak-pihak yang dapat menampung hasil ternak kita dengan hasil yang memuaskan. Yang penting, selama masih ada yang berjualan RM PADANG, warung SOP IGA, SOTO MIE BOGOR bahkan SOP BUNTUT dll, berarti pangsa pemasaran kita masih terbuka lebar..

Jika kita sanggup untuk membuat rumah pemotongan sendiri, tentu akan lebih mudah lagi karena margin dari ujung ke ujung dapat kita maksimalkan, apalagi jika bisa bersinergi dengan rekan kita yang punya kemampuan membuat baso.. membuat rendang.. dll.. , bisa tinggal drop saja hasil kandang kita ke mereka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar