Senin, 16 November 2015

Iseng-iseng UjiCoba Nanam Rumput Hidroponik Buat Ketahanan Pangan Ternak..






Sambil Belajar mengenal tanaman-tanaman hidroponik sebangsa bayam+kangkung dkk, ternyata ada rumput yg tumbuh di sela sela mereka, sehingga iseng-iseng saya pisahkan untuk tumbuh di gelas aqua... Setelah 2-3 minggu gak pernah di tengok, ternyata hasil nya bikin surprise juga nih.. dari 1 media gelas aqua dihasilkan pemamdangan yg bisa bikin mata ternak ternak di kandang datang menghampiri..


...20-30 Parapon dalam 1 Rak Instalasi ..
Cukup Buat Brapa Kambing kah ?





Ujicoba ini tentunya menarik untuk di tindak lanjuti.. jika dalam 1 paralon ada 30-35 lubang tanam, berapakah rumput hijauan seperti ini yg bisa dihasilkan dari 1 rak hidroponik seperti gambar di atas? .. daripada musim keramau harus habis solar dan bensin buat nyari rumput kesana kemari.. maka kombinasi antara SolarCell + Rumpur Hidroponik di musim kemarau tentu bakal makin menantang untuk di ujicoba.. tentu saja selama masih ada Air yg tersedia.. 





 ......SOLAR CELL + RUMPUT HIDROPONIK...


 Yaaa ini sih sebatas ide liar yg belum tentu di lapangan bisa terlaksana..  tapi tidak ada salahnya jika ada rejeki buat kita ujicoba kan. .?


..Selama Ada Air.. Semua Kehidupan Bisa Di mulai..



Yang jelas sih.. sebelum kita bermimpi setinggi langit soal ketahanan pangan untuk ternak, yang paling realistis tentunya memanfaatkan space lahan di sekitar rumah kita dulu untuk ketahanan dompet dapur..  alias belajar mengenal karateristik tanaman di depan mata agar suatu saat kita bisa langsung berlari ngacir untuk memakmurkan lahan-lahan tidur yg banyak terbengkalai di pelosok.. logikanya.. kalo nanam di paralon ajah bisa, masa sih nanam di kebon kagak bisa....??





 ..4 Batang Paralon buat blajar bercocok tanam lagi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar