Jumat, 01 Mei 2015

Analisa Sementara Proses Blajar Menanam Kangkung Hidroponik... @Hidroponik For Dummies


...KILAS BALIK PHASE-1 BLAJAR MENGENAL HIDROPONIK MASA TANAM BATCH 1 sd BACTH 10..

Setelah berjalan 2-3 bulan lebih iseng-iseng blajar mengenal tanam menanam Hidroponik sejak akhir Januari 2015,  berikut saya coba buat analisa sederhana apakah kegiatan ini akan layak diteruskan,  harus di MODIFIKASI ataukah akan BERAKHIR begitu saja tidak lulus standar 10.000 jam terbang alias bosan dengan kegagalan yang melanda..






..Bocah Jadi Doyan Makan Bayam/Kangkung Hasil Nanam dan Panen Sendiri.


KETELATENAN adalah modal kesuksesan utama dalam proses belajar tanam menanam ini, sehingga memang sangat cocok kita perkenalkan kepada para bocah, agar seiring dengan perkembangan usia mereka, ilmu tanam menanam ini bisa mereka kuasai juga karena aktivitas ini bisa kita laksanakan di dalam rumah... agar generasi mendatang tetap mengenal dunia tanam menanam walau bapak/ibu nya punya petani yang punya sawah hektaran...



.. Masih Coba-coba..

MODAL AWAL MEDIA INSTALASI:


Investasi awal yang paling besar tentu diperlukan untuk membangun instalasi. Saya Sendiri mencoba  blajar melalui 2 jenis media yaitu Paralon ukuran 3 inch dan Botol Aqua Bekas. Sementara media tanam kita gunakan Sekam Bakar, Cocopeat dan RockWoll.



Botol Aqua @500/botol atau Bisa Gratis
 Kain Planel Rp 20rb/meter

...Bacth 2 via Paralon Amatiran..
.Pipa Paralon 3 inch = Rp70-75Rb / batang
Pipa Siku = Rp 50-55rb / batang
Sektrup dsb = Rp30-50rb
Kain Planel Rp 20rb/meter


Hasil ujicoba Bacth 1-2 ternyata media PARALON dimana kangkung dan bayam ditanamkan berhasil dipanen di bulan ke-2, sementara Kangkung+Bayam Bacth 1-2 yg ditanam di botol Aqua keliatannya harus ada MODIFIKASI dalam tata cara tanam agar AKAR bisa cepat keluar menyentuh cairan alias proses pemindahan dari sejak persemaian ke botol aqua menjadi titik kritis nya..  alias mayoritas Kangkung+Bayam+Caisim di botol aqua pada mati kurang nutrisi. # REMEDIAL..


.. Batch 3-4.. 
..Kangkung+Bayam+Caisim Langsung di Semai di Botol Aqua..


Bacth 3-4, proses penyemaian saya coba langsung di TABUR di botol aqua.. dengan pertimbangan agar rada ngirit waktu ga usah mindah-mindahin dari TRAY SEMAI...  dari cara ini KANGKUNG relatif paling sukses tumbuh karena proses pertumbuhan akar dan batang nya keliatan lebih cepat dari si Bayam.. CAISIM memegang rekor paling lelet sehingga tidak direkomendasi pakai cara TABUR PADAT langsung di botol Aqua.






 ...Benih Langsung tabur di Botol Aqua....



Di tahap ini 3-4 saya juga mulai ujicoba nanam di Rock Woll.. PR terbesar adalah saya masih penasaran gimana meletakan benih yg lebih cepat, karena dari tutorial di youtube kayanya input benih ke lubang rockwoll harus manual satu persatu.. mungkin untuk benih yg besar agak mudah, tapi kalo benih bayam yg super cilik kayanya enakan langsung di tabur dari sendok rendaman benih..



 ... Modifikasi Media Tanam via RockWoll..


Di Batch ke 4-5,  media semai mulai saya coba makin perbanyak pakai ROCKWOLL, dimana sisa benih Kangkung + Bayam + Caisim masih tersisa. Entah mengapa  semai Kangkung di rock woll ini 100% gagal.. namun 90% agak berhasil untuk Bayam + Caisim... Proses pemindahan dari tahap semai ke botol aqua sengaja saya tunggu sampai akar tanaman agar besar.. sehingga bisa menembus mulut botol aqua atau gelas plastis nya..  Ternyata cara modifikasi ini cukup berhasil dengan tingkat kematian tanaman agak menurun. 


..Bacth 1 ...  
...Kangkung Bacth 1 ..

Beda dengan percobaan Di Batch 1-2 dimana tanaman langsung saya pindah ke botol aqua dan pot kecil sehingga akar agak lama menembus mulut botol dan "pot imut hitam manis"  yang ujung-ujung nya tanaman pada mati karena akar nya kurang nutrisi.


..Hasil MODIFIKASI cara Menanam..







..Batch 7-8 ...
.. Putar Otak Untuk Blajar Nanam Sayuran Merambat via Menara Buncis..



..Gagal di Bacth 1-2, Rada Sukses di Batch 3-4..


..Batch 7-8 Mulai bisa beli netpot...
..modifikasi cara naro tanaman..


 ... Mulai Blajar Nanam Yang Bernilai Ekonomis
Cabe Rawit - Cabe MErah - Paprika .

..Menara Rambat buat si Buncis + Timun..
Bacth 7-8


..Dapat Sumbangan Botol Dari Tetangga..
Alhamdulillah..



Ph Meter  + TDS Meter = Rp 300rb an
.. Mulai Rada Ilmiah dikit..
Pake Alat Ukur Biar Rada Gaya




Kira-kira demikian lah Phase-1 blajar mengenal HIDROPONIK yang baru sebatas mengenal tahap semai-menyemai dari Bacth 1 sd Batch 10 via tanaman bayam-kangkung-caisim. PR dari phase-1 adalah menyiasati agar kita tidak cape ngisi air di botol aqua via eksplorasi SELF WATERING SYSTEM, dan meminimalkan jentik nyamuk yang muncul di pipa paralon...



 .Jentik Nyamuk Masih Bisa Hidup..
..Produk Sampinan di Pipa Paralon, Berarti Layak Dikomsumsi Sayurannya..

 
Di Phase-2 akan kita coba fokuskan kepada tahapan paska semai.. apakah bisa panen bayam dan kangkung dibawah waktu 1 bulan dengan ukuran daun yang lebih ideal dan lebih segar... dan mulai blajar menanam aneka tanaman yang lebih ekonomis yaitu CABE-CABEAN dan bibit yang mudah lainnya... sambil mulai mengenal tehnik pengairannya agar nyamuk tidak pesta pora saat malam menyapa...



..TARGET PANEN KANGKUNG PHASE-2...
...Daun Harus bisa merata seukuran Spidol WhiteBoard..


..Mengenal Media Yang Lebih Besar Buat Phase-2
..Blajar Punya Mental Kaya Pemulung.. 
...Melihat Manfaat Yang Orang Lain Tidak Lihat...





==================
...BAHAN INTROSPEKSI UNTUK TAHAP MODIFIKASI..









...Cocok Buat Mengisi Waktu Luang Para Remaja Desa Agar Lebih Produktif..




...Solder Mata 2 ...


....STARTER KIT...

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus