Senin, 02 November 2015

...Merajut Mimpi Blajar AquaPonik .. # Nyiapain Mental dlm Pindah Quadrant


... Setelah hampir 2 semester di tahun 2015 ini berkenalan dengan UrbanFarming via Hidroponik di atap rumah, ada pertanyaan mendasar yg selalu ada di benak saya apasih END GAME nya dari semua ini?.. alias mau DIBAWA KEMANA kah semua rintisan ujicoba siang dan malam belajar bercocok tanam ini.. ?  apakah ini semua cuma sebatas hobi pembunuh waktu luang saja kah... ataukah justru eksplorasi ini bisa kita jadikan bekal blajar hidup lebih produktif saat usia lanjut nanti... atau.. apakah aktivitas ini relevan dengan tema blajar PINDAH QUADRANT jika esok lusa tiba-tiba kita mendapat pensangon karena masa kerja kita emang sudah paling senior di kantor...




..Baru Sebatas Panen Dikit Doank.. 

Entahlah.. saya sendiri belum tau akan dibawa kemana ... yang jelas perkenalan Hidroponik ini baru jadi sebatas hiburan buat anak-anak di rumah sehingga mereka jadi kenal dunia tanaman di depan mata, mudah-mudahan saja dengan mereka mengenal "dunia lain" setelah tontondan televisi dan gadget yg telah merebut masa keemasan kebanyak anak anak di perkotaan, mereka tidak melupakan ponternsi alam sekitar..




... Bocah Kota Bangga Bisa Motong Bayam...



Ideal nya berhidroponik itu katanya akan makin asyik jika di kombinakan menjadi AquaPonik .. agar terjadi subsidi silang alias sinergi dari berbagai potensi yg bisa dihasilkan.. permasalahannya dengan keterbatasan lahan yang ada.. maka skala Aquaponik seperti apakah yg bisa menjadi laboraturium biar mental kita semakin siap dari dunia kerja.. alias pola pikir kita yang senantiasa tergantung nyari duit gajian semata semata buat makan, lambat laut bisa kita lepaskan dengan pilot projec kemandirian pangan amatiran ini..







..Hidroponik Emang gak Murah Murah Amat..


Nah.. siapa tahu dari iseng-iseng ini.. 5thn ke depan cerita nya jadi beda.. persis ketika dulu mulai bermimpi paroan ternak... cuman bedanya kalo paroan ternak itu kita masih sebatas jadi penonton, namun dgn hidroponik yang kita lakukan di rumah kita sendiri status nya bukan pengamat lagi.. tapi udah nyemplung beneran sebagai pembelajar..  dimana susah gampangnya akan kita dapatkan dari detik demi detik yang kita habiskan mlototin perkembangan tanaman tiap hari.. .

Apakah Urban Farming di Atas Rumah itu akan berumur panjang atau tidak... kita akan lihat 5 tahun ke depan jawabannya... 



...Hidroponik dan Pupuk Organik...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar