Kamis, 23 April 2015

..SQUAD BARU DOMBA UJE-3 via Akuisisi Domba "JasPrem"







UJE alias Paroan Ternak Uji_Nyali yg modalnya entah kapan bisa kembali adalah PR yang masih belum selesai sampai saat ini.. alias modal-modal yang para donatur titipkan untuk dibelikan indukan domba bagi para warga masih belum bisa di REFUND .

 ..Nyari Indukan Yang Bisa Lahiran Lebih dari 1 ternyata gak Gampang..

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab lamanya modal BEP dari pemberlajaran PAROAN UJE ini:
  1. Sistem Paroan (bagi Hasil) di Desa baru akan memberikan porsi jatah buat pemodal setelah anakan domba ke-2 nya lahir. Jadi kalo modal awal kita belikan indukan, maka saat sang induk beranak untuk pertama kali merupakan jatahnya yang memelihara, nah nanti kalo anakan ke-2 barulah akan menjadi porsinya penyandang dana.  Walhasil jika setahun sang domba hanya beranak 1 ekor, maka perlu 2 tahun lebih Kandang Sentral "Kedatangan Setoran".
  2. Tingkat Kematian ternak ternyata juga menjadi faktor penentu, jika anakan pertama mati atau anakan ke dua mati.. maka timing "Kedatangan Setoran" pun akan makin lama juga.. 
  3. Hanya Hasil anakan Domba Jantan yang akan kita jadikan sumber dana REFUND saat kitajual di musim qurban. jadi kalo anakannya betina terus yaaa mendingan kita jadikan mesin produksi terus.




Sementara dari sisi Pemasaran pun ternyata susah susah gampang kita menjualnya di saat musim qurban.. maklum makelar qurban yang mencari ternak ke desa rata-rata hanya menawar alakadarna, alias kurang menarik.. beda jika kita punya kemampuan buka lapak langsung dikota, margin nya mungkin lebih banyak..


Domba JasPrem = "Jasa Preman"
Adalah pengganti uang sewa lahan dimana Sentral Domba Berada, Maklum Dengan Sistem Manajemen Pabaliut (Benang Kusut) lahan kandang masih nebeng punya orang.
Manajemen Pabaliut = Bikin Kandang  di Atas Tanah Orang



Tapi lamanya proses melihat hasil inisiasi pemberdayaan ternak ini ternyata bisa mendatangkan kenikmatan tersendiri jika ada benih benih perjuangan yang mulai tumbuh, karena kita yang paling tahu jungir baliknya NOL sampai menjadi NOL KOMA SEKIAN.. minimal ada PROGRESS dan tidak mati di tengah jalan sudah merupakan HASIL YANG LUAR BIASA.. apalagi kita bisa punya PUNYA BUKTI NYATA foto anakan yang baru BJOROL sampai DEWASA masih berkeliaran di kandang.. karena PR terbesar PROGRAM PEMBERDAYAAN adalah umurnya yang TIDAK SAMPAI seumur JAGUNG alias banyak yang tidak TO BE CONTINUED..

..Suasana Kandang 2013..





si Bulu Kupu-kupu = Domba JasPrem Sapta+Pesona
Des'2013

...si Bulu Kupu-Kupu...
April 2015


Warga Yang Miara Domba UJE
..Smoga UJE Membawa Berkah..



Selain Kabar kelahiran.. Kabar Kematian pun kadang bikin nyesek saluran pernafasan.. seperti contoh Indukan Kambing yg katanya mati saat proses persalinan.. dan gaswat nya saya baru tahu infonya saat saya tanyakan kabar Kambing yang bunting beberapa bulan lalu ini..  alias kalau gak ditanya mungkni gak akan ada kabar kematian, ITULAH SALAH SATU contoh KEARIFAN LOKAL yang harus kita terima dengan lapang dada jika ingin terjun memberdayakan orang desa... sesuatu yang menurut kita penting sekali, belum tentu dianggap sama urgensi beritanya... karena TOH KAMBING nya udah mati.. hehehe... #Sabar Tiasa Batas Sampai BEP..



Blajar PRODUKSI Cempe BERHASIL..
Skarang Blajar MASARIN  TERNAK nya Yang Masih TANDA TANYA..
Apakah Akan kena Jebakan Rambo Terus di Tiap Musim Qurban ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar