Kamis, 04 Juli 2013

BELAJAR Pindah Quadrant Ajah Perlu Keberanian...Apalagi PINDAH QUADRANT BENERAN.... #Renungan dari 2 Thn Blajar Jadi Tukang Angon di Dunia Maya#

Pindah kuadran adalah sebuah istilah yang menjadi sangat populer lantaran buku best seller bertajuk Rich Dad, Poor Dad karangan Robert T. Kiyosaki. Istilah ini merujuk pada perpindahan dari kuadran seorang pekerja (employee) BERGERAK menuju kuadran business owner atau entrepreneuer. Dari seseorang yang tiap bulan menerima gaji secara konstan, bergerak menjadi MANUSIA MANDIRI yang create their own wealth.   

Judul  di atas bukan semata-mata mengandung testimoni pribadi akan beratnya suatu proses belajar untuk PINDAH QUADRANT yang saya jalani 2 thn belakangan ini, namun juga sebagai PENEGASAN bahwa saya memang BELUM PINDAH QUADRANT ... Sehingga yang sesungguhanya sudah sukses PINDAH QUADRANT itu baru "teman baru" saya  saja.. Mr Kosim Ahmadi S.P yang sekarang jadi lebih banyak mencurahkan pikirannya memajukan kandang pemberdayaan di dunia nyata bersama para warga desanya...

Jika Kita masih Di Quadrant Employee... Siapkan Waktu dan Mental untuk siap Jadi Pembelajar Minimal Selama 2 Tahun kaya saya...agar bisa Mengukur Ke Quadrant Mana Kita akan Pindahkan Kaki...  Syukur-Syukur Jika Bisa Lebih Kilat... biar Mental Kita Cepat siap.. !!

Tidak heran kalo saya juga masih lebih nyaman menyebut diri sebagai SAKADO_THINKER..  atau mungkin juga baru sebatas SaKaDo_Blogger saja, karena kontribusi saya di PeternakanSaKaDo ini baru sebatas belajar mimpi jadi konseptor berkandang di dunia maya, ... Yang mudah-mudahan jika SAATNYA TIBA nanti ...  konsep Profesi Masa Depan dengan beternak SaKaDo yang slama ini saya utak atik, bisa di praktekkan sendiri... dengan penuh kenyakinan diri tanpa suatu keraguan... Soalnya kan sudah magang blajar bertahun-tahun di SaKaDo_Academy. 


NASIHAT MANTAN KARYAWAN YG SUKSES JADI PENGUSAHA 
 
"Menjadi karyawan tidak berarti lebih buruk daripada menjadi pengusaha, dan menjadi pengusaha belum tentu lebih baik daripada karyawan. Mengapa? Karena yang lebih mulia di sisi ALlah adalah yang lebih bertakwa.....
Karyawan yang bertakwa jauh lebih baik daripada pengusaha yang korup, tidak semua pengusaha lebih kaya dari karyawan yang jadi direktur... jadi.... Sebaik-baiknya kamu.. adalah yang paling banyak mendatangkan manfaat buat sesama....


..Jihad Ekonomi... 

Nah.. kalo kita renungi nasehat di atas... Ternyata Quadrant yang terbaik adalah QUADRANT KETAQWAAN... semua orang pasti tahu ini, cuma kadangkala kita suka terjebak disibukkan oleh pencarian CASH FLOW QUADRANT dunia.. tapi QUADRANT yang paling abadi kita lupakan.. Dengan bekal nasehat itu, saya pribadi pun TIDAK PERLU memaksakan diri menjadi Entrepreneur Sejati di bidang ternak  JIKA memang kemampuan untuk berdikarinya TIDAK ADA... alias suksesnya harus nebeng orang terus...  #Mau Pigimana lagi... #..



Kata Aa Gym... : 
"Kalo Nasi Sudah Jadi Bubur.. Pikirkan Gimana Caranya Bikin Bubur Ayam Special.... "


Ujung dari semua bahasan QUADRANT itu ternyata adalah kebebasan uang.. jadi jika dengan kondisi sebagai TUKANG ANGON di dunia maya saja -dengan nebeng kesuksesan pa Kosim- sudah bisa mendatangkan SECOND CURVE buat aliran CASH FLOW ganti uang gaji bulanan buat bekal paska pensiun nanti,  kayanya itu sudah cukup buat saya nyebrang ke Quadrant Investor aktif... Tinggal cari bidang lain yang kira-kira lebih sesuai dengan bakat dan keterbatasan kemampuan saya di PerSaKaDoan ini... misalnya siapa tahu bisa dapat amplop honor dari sharing session bagi para rombongan Calon Peserta Pensiun Dini yang tertarik ber-Edu Wisata Ternak di SaKaDo_Academy kelak.... hehehe..amin deh..



"...Target Perubahan SIKAP MENTAL inilah yang harus menjadi FOKUS bagi Kita  yang Masih di QUADRANT Employee.. karena merubah ritme hidup dan tingkat stress di Zona Nyaman sebagai ORANG KANTORAN menjadi "TUKANG JAGAL" yang jam operasi nya berlainan bukan sesuatu yang mudah di lakukan.... ..."

Conggeang-20130629-00619
.... Ujian Mental dan Kreatifitas Ketika Kandang Tidak Berpenghuni...

#...JetLag @Pola Hidup Berubah dan Tekanan Bathin....#



Yup !!! 2 tahun bulak balik ke Desa Babakan Asem memang membawa pengalaman perubahan MENTAL dalam pola ritme hidup.... minimal ZONA TIDAK NYAMAN  dalam  blajar WIRAUSAHA sudah mulai saya rasakan dari setiap interaksi di PeternakanSaKado bersama pa Kosim... # Rugi di Dompet .. Stress akibat Modal ga jelas kapan BEP.. ataupun harus ikut NGALONG ampe Shubuh di RPH.. .. dan harus sering menempuh PERJALANAN OFF ROAD nan jauh Jakarta - Babakan Asem mulai menjadi santapan rutin bagi fisik dan rohani ini dalam proses pembelajaran PINDAH QUADRANT

#...Kandangnya udah ada... Buat Isinya yg Ga cukup Dana... #

Dampak positif dari perubahan Ritme Pola Hidup orang kantoran dalam proses BELAJAR PINDAH QUADRANT yang saya rasakan dari kursus berkandang di PeternakanSaKaDo ini adalah ..mulai adanya keberanian untuk mengambil keputusan.... dan berani untuk tetap mencoba alternatif strategi baru di bidang yg kita geluti... yaa misalnya dengan keputusan Relokasi Kandang Cileunyi di akhir 2012 ini.., mengingat Positive Cash Flow is Happiness...  apatah lagi kalo sudah jelas di kandang Cileunyi tersebut tidak mungkin mendatangkan CASHFLOW.. !!  Restrukturisasi usaha lah yang harus segera  kita dilakukan...



Bukan rahasia lagi, PENYAKIT orang kantoran kala menemui hambatan dalam belajar berwirausaha adalah terlalu MUDAH ber UJI-COBA.. dan katanya terlalu mudah pula ber-putus asa ...mungkin karena NIAT nya hanya iseng semata ,,, alias TIDAK/KURANG  BERNIAT menjadi PELAKU suatu usaha tersebut, sehingga bukan hanya dana yang TIADA.. tapi waktu pun menjadi sia-sia..

".... Pindah kuadran suatu keharusan. Tentu dan pasti. Anda yang berada dalam posisi sebagai karyawan (Employee = E) harus bisa pindah ke kuadran kanan (yaitu kuadran Bussiness Owner). Karena sebesar apapun gaji yang anda nikmati posisi anda bukan dalam zona terbaik.


Fokus atas pentingnya menjadi PELAKU usaha itu pulalah yang ternyata merupakan INTISARI dalam BELAJAR PINDAH QUADRAN selama 2 tahun terakhir..  Target menjadi PELAKU tidak perlu di batasi oleh diri kita sendiri, tapi bisa juga dipersiapkan untuk Istri dan Anak Kita atau saudara kerabat kita... karena yang paling penting adalah kita bisa terlebih dahulu jadi mengenal BUSINESS RISK yang ada dari kegiatan Sektor Real yang kita pelajari tersebut..  Pengenalan atas Business Risk inilah yang paling penting untuk mengasah LIFESKILL kita sebagai bekal jika sudah tidak menjadi orang kantoran lagi alias di Pensiun Dini kan... !!!


" .... Pikirlah masa pensiun bersama Anak-istri MULAI DETIK INI JUGA, TIDAK PEDULI berapa lama lagi kita akan memasuki masa pensiun tersebut." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar