Sabtu, 22 September 2012

Blajar Konsep Rabthul 'Am Via Pemberdayaan ternak ala PeternakanSaKaDo,.. Demi Terciptanya Perubahan Suatu Peradaban..

Alangkah indahnya jika diri kita bisa berfungsi sebagai MERCUSUAR...
"...alat yang tak henti-hentinya memancarkan cahaya kepedulian, memberikan peringatan akan adanya bahaya serta memberi petunjuk ke arah keselamatan, kepada setiap kapal yang lewat, tanpa pilih bulu dan tanpa kenal henti'.

Rabthul 'Am = Hubungan Sosial = Ikatan Kepada Masyarakat Umum

 Al Baqarah 30 : ... Dan Ingatlah ketika Rabb-mu berfirman... Kami akan menjadikan di bumi ini seorang khalifah (khalifah yang bertugas memimpin ummat)... @Dalil Qurani

Bocoran Cartoonomics : Ekonomi Kita-Kita…


"Salah Satu Konsep Kepedulian adalah Rabthul 'Am (RA), yaitu sebuah konsep gerakan yang ditujukan kepada semua umat manusia dari berbagai suku, ras dan agama dengan cara melakukan hubungan sosial yang kuat dengan berbagai manusia potensial agar mereka terlibat dalam perubahan menuju kebaikan."


Seorang mukmin itu akrab dan mudah diakrabi... dan tidak ada kebaikan orang yang tidak demikian, dan sebaik-baik orang ialah yang paling bermanfaat bagi orang lain... @dalil hadits, At Thabrani..

"Kebangkitan sebuah bangsa ditandai dengan adanya kepedulian anak bangsanya terhadap permasalahan-permasalahan bangsa. Kita Semua berkeinginan untuk mengubah kondisi masyarakat menuju kondisi yang lebih baik. Upaya tersebut dalam skala makro harus melibatkan seluruh komponen bangsa, dan dalam skala mikro perlu adanya keterlibatan masyarakat di lingkungan sekitar dalam setiap proyek amal kebajikan."


"Rasulullah adalah teladan kita... bagaimana beliau memulai dakwah seorang diri dan kemudian mampu menghimpun di sekitarnya beberapa hati.. @Sirah Nabawiyah"
 


"...Suatu perubahan ke arah perbaikan, tidak akan bisa terwujud dengan mengisolir dan menutup diri, sehingga kita memang harus berinteraksi dan bergaul dengan orang lain agar dapat secara BERSAMA-SAMA mewujudkan PERUBAHAN ke arah PERBAIKAN."

".... Kesuksesan Yang Lalu bukan Jaminan bagi Kesuksesan di Masa Mendatang'

Imam Ali : "Wahai anakku, carilah teman dulu, baru kemudian lakukanlah perjalanan...." @Atsar Sahabat
#Jadi,Secara sederhana syarat kegiatan-kegiatan di PeternakanSaKaDo dapat disebut sebagai Rabthul'Amm adalah: Aktivitas yang dilakukannya dikerjakan bersama-sama sejumlah orang alias tidak sendirian, Mempunyai dampak positif bagi lingkungan sekitar baik yang dekat maupun berjauhan melalui dunia maya dll, Hubungan yang terbangun lumayan kuat akibat adanya komitmen dengan Jurus TERIKAT & TERLIBAT dalam membangun suatu peradaban, Aktivitasnya berkeninambungan dan mendalam melalui konsep "Kandang Dunia-Akherat" dan.. Hubungan yang dilakukan bersifat sosial kemasyarakatan agar tercapai azas manfaat bagi semua pihak yang terlibat di PeternakanSaKaDo.....#

MitraStrategis PeternakanSaKaDo
Sapipreneur RPH Pulogadung & SapiPreneur Kandang Al Zaytun (Ternak99 depok) 

Kata Buku yang saya kutip ini...."Kemampuan suatu organisasi dalam mencapai kemajuan, bertumpu pada kemampuan memahami orang lain dan menghimpun mereka dalam kapasitas nya.. . Sementara kelemahan suatu organisasi terlihat pada ketidakpeduliannya pada orang lain dan sikap eksklusifnya di tengah masyarakat tempat ia berada."


"Dakwah yang dicita-citakan kita bersama adalah dakwah yang bisa dinikmati oleh seluruh umat manusia. atau dengan kata lain rahmatan lil alamina. Pendekatan ini perlu dikedepankan ketika sebuah gerakan bisa eksis dan bisa diterima masyarakat. Sehingga gerakan itu bermanfaat untuk semua dan imbasnya gerakan tersebut mendapat dukungan masyarakat."
Mushola Kandang Sep 2012...
Rabthul'Am Centre @SaKaDo_Academy

Prinsip Umum dalam Kegiatan Kebajikan yang ideal, harusnya memenuhi item-item berikut ini.... :

  1. Iman Yang MendalamAqidah adalah senjata yang utama, karena akan menjadi penentu benar atau tidaknya niat yang melatarbelakangi aktifitas seseorang.
  2. Pemahaman Yang Cermat, Pemahaman Islam dan benar dan mendalam, serta pemahaman kauniyah yang lengkap merupakan bekal terlaksananya sebuah aktivitas yang utuh..
  3. Interaksi Yang Kuat, menjadi kunci sukses karena menjadi inti melalui interaksi yang tepat dan intensif..
  4. Amal Yang berkesinambungan. Cahaya Kebajikan merupakan amal yang terus menerus dan tiada henti-hentinya. Bekerja tanpa henti hingga tercapai tujuan dan cita-cita..

Siapa Yang Tidak Mau Maju... Maka Akan Mundur

“Konspirasi menghendaki dakwah ini menghadapi kebatilan sendirian dan hanya bertumpu pada kekuatannya sendiri. Hal ini di luar kemampuan dakwah. Oleh karena itu kita perlu mengefektifkan peran masyarakat agar  berperan bersama mewujudkan cita-cita kita...”

Kamampuan suatu gerakan kebajikan dalam mencapai kemajuan, bertumpu pada kemampuannya memahami orang lain dan menghimpun mereka dalam kafilahnya. Sementara kelemahan gerakan kebajikan terlihat pada ketidakpeduliannya pada orang lain dan sikap ekslusifnya di tengah masyarakat tempat ia berada.....

 Penimbangan Sapi Titipan Sapiprenuer RPh Pulogadung @PeternakanSaKaDO

"..Umat manusia membutuhkan kader yang luapan hatinya mengenangi hati orang-orang di sekitarnya.. Selanjutnya dengan luapan 'rabbani' itu pula mereka dapat menggenangi hati orang-orang di sekitar mereka. Maka dengan cara itulah, manusia berubah dari satu keadaan menuju keadaan lain dan keluar dari berbagai kegelapan menuju cahaya..  Hasal Al-Bannna"


ngantuk.. To Be Continued..





Sumber : 
100% KutipSanaKutipSini dari buku MATERI TEKAD


1 komentar: