Jumat, 27 Mei 2016

Kembali ke Dunia Nyata dengan Belajar Menanam Bayam Hidroponik Indoor…



Dari berbagai pelajaran dalam proses pindah quardrant, sebetulnya yg paling penting adalah YANG BISA KITA KERJAKAN di depan mata… DIKERJAKAN oleh diri sendiri, sehingga proses kegagalan dan keberhasilan kita ketahui di setiap proses nya.

Sudah setahun ini saya belajar mengenal UrbanFarming melalui hidroponik dengan blajar bercocok tanam kangkung dan bayam yg cukup mudah dilakukan, kemudian mencoba menanam Cabe Merah Hidroponik  dan ternyata harus remedial karena banyak di serang hama dan belum bereksplorasi cara menanggulangi nya.


Setelah sebelum nya instalasi hidroponik saya buat di luar ruangan, kali ini saya coba manfaatkan rumah cicilan yang sengaja saya kosongkan karena atapnya mau rubuh.. sambil nunggu rejeki betulin atap, ruang yg tersisa saya manfaatkan buat blajar bikin instalasi hidroponik sendiri.. .hasilnya lumayan lah buat yg gak punya skill sebagai tukang bangunan.. minimal tiap hari ada yang kita amati bersama anak anak ..


Instalasi OutDoor














Secanggih dan Semaju apapun jika status kita baru sebatas investor alias penyandang dana, maka kisah ceritanya akan berbeda jika kita bercerita sebagai PELAKU.Melalui Hidroponik inilah saya belajar untuk tidak lagi hanya sebagai investor, namun sekaligus sebagai pelaku “Urban_Farming”









.. Bayam For Dummiest Hidroponik

..


Instalasi Indoor

Pindah Quadrant menjadi Petani_Urban dengan mengamati langsung mulai dari proses menyemai hingga panen dan tanaman tersaji di meja makan.Dengan cara menjadi pelaku itulah, jam terbang latihan mental sebagai orang kantoran bisa di kikis habis, dan mulai terbiasa menjadi pelaku sektor real kecil kecilan untuk ketahanan pangan melalui swasembada sayuran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar