Selasa, 17 Mei 2016

Benarkah Dengan Menanam Pohon Jabon Akan Dapat Duit Miliaran ..... di saat 25 Tahun Yang Akan Datang.... ?...


25 Tahun Lagi... Duit Rp2,5Miliar itu masih ada Nilai Nya gak ya buat beli semangkok Baso
# Time Value Of Money #



Akhirnya Jabon yang ditanam 5 thn lalu di Cileunyi sukses kita tebang..... Sukses karena misi utama proses penebangan ini adalah menghindari atap rumah tetangga terancam kena patahan pohon jika ada angin kencang.. alias tujuan utamanya bukan nyari uang miliaran seperti yg marak di iklan iklan MLM nanam Jabon..






 Jabon Muda


Jadilah Pelaku.. Jangan Sebatas Jadi Investor
..Karena Dengan Menjadi Pelaku Kita akan tahu darimana Uang Keuntungan Berasal..
#.. Cermati... Jangan Silap Mata... #



Dengan modal beli bibit Jabon di tahun 2011 lalu yang cuma Rp3-5rb perak / pohon, sebetulnya modal bercocok tanam Jabon ini sangatlah murah meriah... Selama kurun waktu 2011-2016 ketika saatnya nebang, sama sekali saya tidak pernah melakukan perawatan, alias investasi yg kita lakukan hanya butuh beli bibit + biaya nanam via upah harian untuk yg gali lubang ..



Saking murahnya... bahkan dulu saya mengalami kelebihan pemesanan, karena area lahan nebeng bercocok tanam sudah setiap sudut nya di tanamin pohon jabon dan jati putih.. sehingga beberapa puluh bibit jabon dibiarkan mati saja sama yg ngurus lahan...


 Sisa Kelebihan Bibit Jabon saat 2011 Lalu


Jadi dengan modal awal cuma 1-2Juta di 2011 lalu, sebenarnya kita bisa nanam ratusan pohon bibit jabon, karena biaya yang paling mahal adalah upah harian untuk yang menanam, sementara porsi harga bibit sangatlah murah meriah.. namun setelah 4-5tahun ternyata pertumbuhan pohon jabon ini memang luar biasa bisa mencapai 8-10meter ... apalagi jika memang dilakukan perawatan secara rutih...









Namun tentu saja yang menjadi kendala bukan soal murahnya bibit.. tapi tidak semua pihak mempunyai lahan  untuk menanam bibit tsb... .sehingga muncullah kreatifitas investasi menanam jabon dalam bentuk paket paket penghijaun yang buat sebagian kalangan dinilai beresiko tinggi karena terindikasi "MONEY GAME"

HIGH RISK HIGH RETURN

Money Game berbungkus investasi memang ibarat kita mencium bau kentut... hanya bisa merasai busuk baunya.. tapi jika tidak ada yg mengaku dan tidak ada bunyi kentut, maka kita akan sulit mencari pelaku nya... # WASPADALAH SLALU



Dokumentasi Awal Nanam Jabon 2011




Numpang Gaya Saat Panen Jabon
Minimal Bisa Selfie Dengan Jabon Yang Kita Tanam Sendiri 
Dari Modal Rp3rebu perak



Dengan pengalaman pribadi menanam jabon yg harganya 3-5rb perak per pohon, dan dihasilkan 2 truk tebangan + 2 pick up.. maka saya bisa menyimpulkan jika sebaiknya memang kita harus selalu waspada dengan yang namanya paket investasi dalam bentuk apapun yang menjanjikan return yang menggiurkan ...  waspada dalam arti berkemauan untuk terus menganalisa mengenai kewajaran ..








Beruntunglah, Team Tebang dari SaKaDo_Academy Sumedang memang ahli nya dalam potong memotong tanaman, sehingga kekhawatiran atap tetangga hancur berantakan bisa diminimalisir...  Dengan pengalaman keseharian menebang pohon di lahan perum perhutani, gerak cepat pasukan penebang memang layak di acungkan 4 jempol sekaligus... Alhamdulillah..






Ternyata Memang Benar pohon jabon ini tumbuh relatif cepat, walau hanya termasuk kayu lunak, namun cocok buat jadi peneduh daerah daerah yg gersang... walaupun efek ulat nya bikin bulu agak merinding... wajar jika tetangga di sekitar lahan mertua ini pada protes... karena serangan ulat nya bisa sampai masuk pekarangan.. walau disisi lain keteduhan dan rimbun nya suasana mereka rasakan selama beberapa tahun berselang..






Proses Penebangan di pemukiman yg beresiko tinggi, mau gak mau memang harus melibatkan petugas PLN agar pohon tidak memutuskan kabel,,,, otomatis hal hal di luar core bisnis menanam pohon kayu ini menjadi "beban" yg mengikis hasil penjualan pohon jabon.. 









...Waspadalah...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar