Jumat, 01 Februari 2013

...Berhati-hatilah jika mau BerTERNAK SAPI... Karena 99% BAJINGUK

Hehehehe.. mumpung KPK lagi rame ngurusin DAGING SAPI.. Jangan sampai orang jadi pada takut buat belajar perSAPI-an.. sudah mah secara operasional miara sapi itu belum pasti untung karena banyak jebakan rambo-nya . Ditambah tarik ulur kepentingan"politik daging sapi" dengan TATA NIAGA impor yang  katanya istilah sang politikus bikin "NGERI NGERI SEDAP" buat para peternak kecil.. 

Maka ada bagusnya juga kalo kita bahas masalah "Dukungan politis di tingkat lokal" bagi suatu perintisan pemberdayaan ternak alias dukungan aparat kepala Desa or Camat yang mutlak kita butuhkan agar kita tidak cape sendirian memberdayakan masyarakat di pedesaan. ..  



Merintis suatu kegiatan pemberdayaan, tentu saja jika di kelola dengan serius akan turut membantu aparat setempat dalam mengembangkan potensi desa nya... dalam skala yang lebih luas, tentu saja membantu pemerintah baik pusat maupun daerah ...karena bagaimana pun UANG TRILYUN-an rupiah tiap tahun di gelontorkan ke pedesaan.. bahkan sampai ada Mentri nya yg khusus ngurusin pedesaan... namun anehnya orang desa mayoritas masih doyan nyari kerja ke kota.. padahal hidup di kota kaya jakarta buat buang air aja musti bayar...


Pasti ada yang salah.. uang nya ngalir terus ke desa.. tapi orangnya malah pada ke kota..  tidak heran ide DE-URBANISASI yang di angkat di blog GeraiDinar menarik untuk di cermati apalagi jika kita tengok dikit yang namanya PNPM.. disitulah cikal bakal proyek-proyek pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat menjadikan masyarakat desa semakin mandiri.. bukan malah tiap tahun menjadi ketergantuan atas bantuan PNPM tersebut..  alias jadi sekadar dana bancakan politisi tingkat desa.. 
"... Kaum pekerja kelas menengah sampai atas misalnya bisa menjadi pelopor gerakan yang saya sebut Deurbanization Lifestyle ini. Anda yang sudah mapan di Jakarta misalnya, kemungkinan Anda punya imaginasi untuk kerja dari kampung halaman Anda masing-masing, atau kerja dari kota yang memiliki kenangan tersendiri bagi Anda – kota tempat Anda bertemu pertama kali dengan calon ibunya anak-anak misalnya...."

   Progres Relokasi Kandang Cileunyi Bandung.. 
#...Stupid Cost Yg Harus Di Bayar dalam Blajar Ternak.... #


Syukur-syukur jika Anda sudah super sukses di kota dan punya dana berlebih ingin menggerakkan perekonomian masyarakat desa secara individual ... namun jika cuma punya citac-cita dan kemauan berusaha.. maka PNPM ini merupakan pintu masuk yang boleh dicoba untuk menjadikan Kampung Halaman kita menjadi semakin makmur bin sejahtera.. ..

Saya belum tahu apakah kegiatan yang di rintis di SaKaDo_Academy @PeternakanSaKaDo ini bisa disinergikan dengan PNPM tersebut? kalo dilihat dari sprit atau visi dan misi nya sih.. kaya-kaya nya sebangun dan sejalan..namun mungkin nanti secara kelembagaan harus aparat desa yg berinisiatif mengajukan.. tinggal dibuat kandangnya di lokasi lain di desa, nanti "dosen-dosen" yg terdiri dari para warga yang jadi crew Kandang SaKaDo-lah yang akan sharing pengalaman mengenai set-up usaha ternak seperti yang 2 tahun ini kami lakukan di PeternakanSaKaDo.. 

 
Klop dech.. Visi Kampoeng Ternak nya akan dapat semakin cepat terlaksana jika PNPM ini terjun juga ke desa.... ini adalah Mimpi yang sangat pantas di aminkan...   #....Amin dech....#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar