Selasa, 05 Juni 2012

Sesuatu yg BISA DI UKUR.. PASTI BISA DIATUR.......!!!


"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar‐benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang‐orang yang meminumnya" (An nahl 66).

Seiring berlalu nya hari dalam berinteraksi di urusan perkandangan, sedikit demi sedikit Rahasia Ilahi yang terkandung dalam urusan binatang ternak ini smakin terlihat PENAMPAKAN yang sebenarnya..... Ternyata bisnis Sapi memang terbukti beda dengan bisnis Aqua Botol.. buat nimbang rutin bobot sapi saja ternyata perlu ilmu khusus, alias.... ada saja hal-hal baru di lapangan yang banyak kami dapatkan ..... tidak hanya sapinya.. orang yg terlibat dalam urusan perkandangan pun pastinya menarik juga untuk dipelajari..


Masih banyak PR perkandangan yang harus dicermati... baik materi  BIMBEL BAB Sapi yg Gendutnya Moderate saja.. atau mengenai hal dunia gelap PerDAGING-an yang EFFECT DOMINO nya cukup mengerikan juga dari alur per-JAGAL-an yang memang rata-rata tidak cash basis.... .... tidak heran, banyak pihak yang sungkan bahkan kapok untuk berbisnis terkait mahkluk hidup seperti sapi ini.. ambil contoh para perintis rombongan PENUMPANG ANGKOT SaKaDo ini yang ternyata sejak ikut jalan-jalan dengan ANGKOT SAKADO di thn 2011 mulai banyak ter-ELIMINASI Abstain di era penggemukan tahun 2012 ini,  seiring arus perputaran dinamika perkandangan yang makin kencang..


Tapi rasa-rasanya sih semua bisnis juga memang seperti itu.. tidak semuanya sukses dengan insran.. tidak semuanya bisa Cash basis, sekarang barang dikasih, saat ini pula duit dipegang..  namun karena mata rantai persapian ini memang unik, .. bisa-bisa Jebakan Rambo nya meledak semua kalo kita tidak hati-hati dan matang dalam perhitungan..  jadi memang harus extra waspada full banyak doa mengikuti perputaran arus pemberdayaan ternak ini.. jika skill berenang kita kurang mumpuni.. jangan dipaksakan untuk langsung ikut ke pusaran air yang lebih kencang... bisa kejedut batu-batu di dasar kolam nantinya..  



Maksudnya prolog di atas.. jika cita-cita awal 3-4 bulan Sapi Uji Nyali ini tadinya akan full dilempar ke RPH, dengan sikap tahu diri dan sekalian menunggu moment bulan puasa dan lebaran, maka terpaksa sapi-sapi yang pertambahan bobot hariannya masih level moderate ini akan diberikan kesempatan berbakti lagi kepada para shareholder untuk bertemu muka jika ada shohibul maal yang sidak.. kita beri para sapi kesempatan menikmati suasana alam pedesaan sebelum tiba saat golok sang jagal mengakhiri pengabdian sesama hidupnya..

Sidak tgl 19 Mei lalu yang rencanaya ingin nimbang semua SAPI UJI NYALI, ternyata hanya setengahnya saja yang berhasil di timbang.. kesulitan muncul karena ruang timbang yang baru masih dalam kondisi darurat sehingga Capture Sang Sapi berserta Bobot Timbangan Digital susah ditembak dari satu sudut pandang.. belum  tidak tega melihat keringat para crew kandang yang sudah belepotan dan kejepit sapi saat melalui gang antar sentral..  
 JIKA SAPI nya susah di UKUR? bagaimana kita mau Ngatur kapan layak dijual .... ? disinilah seninya berkandang kali ya..  butuh kesabaran.. kesabaran dan kesabaran..
 Ini mungkin yang sedikit menjawab pertanyaan saya jika mengamati para senior peternak yang sudah tahunan berkecimpung di dunia SaKaDo.. sebut saja Tony_Sapi atau Villa Domba dll yang sangat ringan sekali berbagi ilmu di dunia maya dan nyata... karena (mungkin) mereka tahu dan yakin meskipun jurus dan ilmu ditularkan semua kepada kita, tapi karena mahluk SaKaDo nya tidak mungkin persis sama.. jadi hasilnya pun belum tentu akan sesukses mereka.. inilah kelebihan berkecimpung di dunia SaKaDo yang tidak membuat kira jadi PELIT ILMU.. 

Proses Nimbang, ibarat anak sekolah dikasih Ulangan Umum.. apakah hasilnya memuaskan ..... atau malah mencemaskan .. jika mencemaskan, berarti harus cepat-cepat dilakukan SEMEDI .. TAPA-BRATA.. KONTEMPLASI... atau proses perenungan lainnya agar si SAPI bisa cepat gendut.. kalo perlu belajar ke eyang Ishikawa buat mencari penyebab mengapa gendutnya baru level Moderate..



 DIAGNOSA ANTEMORTEM SAPI juga PENTING ternyata..biar ga salah nyatet bobot.

Dari penimbangan Sapi Paket "UJI NYALI" ini,m beberapa ekor menunjukkan peningkatan berat badan yang moderate.. meskipun nanti harus dibuktikan pula apakah penggemukan 3-4 bulan ini penambahan bobot nya "nyangkut ke daging" atau malah ikut terbuang pula dengan kotoran yg dihasilkan... hehehehe.. kalo nyangkut ke daging tentunya patut di syukuri agar hasil jual Karkas nya tinggi.. namun kalo tidak.. berarti ini sapi termasuk SAPI KAMPER... yang bobotnya masih bisa berfluktuasi tajam dalam itungan hari..



.Data AnteMortem nya ternyata minimalis.. jadi nya komparasi ini foto dari timbang sapi yang mana bikin bingung juga..mungkin kalo ke kandang ntar saya tanya... "Pie.. ini foto kamu bukan... ??"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar