Senin, 27 Februari 2012

Oleh-oleh Mabit di Pesantrean WiraUsaha DaarulMuttaqiin @Jonggolfarm nya GeraiDinar...

Alhamdulillah... akhirnya bisa juga ikutan mabit di Pesantren WiraUsaha Daarul Muttaqiin  nya pa Iqbal GeraiDinar @JonggolFarm.. tidak hanya kiat-kiat entrepreneurship yang beliau sharingkan gratis dalam acara tersebut, namun kitapun bisa belajar soal konsep hidup beliau dalam berbisnis  yang sampai saat ini membuat saya terkagum-kagum ... bagaimana tidak.. jika biasanya kita harus membayar ratusan ribu atau bahkan jutaan untuk ikut pelatihan bisnis,.. eh ini malah full gratis dan full dijamin pula urusan logistik perut kita.. Subhanallah deh.. ga nyesel jauh-jauh ke jonggol jadinya.. Perut kenyang.. Ilmu pun dapat.. hehehe


Agenda Kegiatan Mabit nya sendiri terdiri dari pembekalan nilai-nilai qurani selepas bada Isya, Qiyamulail, dan setelah Sholat Shubuh di isi materi pa Iqbal mengenai Entrepreurship Qurani.. yaitu bagaimana menjadikan Quran sebagai solusi dari semua masalah-masalah umat yang ada, sekaligus menggali ide-ide bisnis berdasarkan ayat-ayat dari quran.. ini lah menariknya acara @jonggolFarm tersebut.. bagaimana suatu nilai-nilai  quran di support oleh kegiatan bisnis..

Soal KEYWORD prinsip berbisnis beliau.. yang saya tangkep sih seperti ini..."Berbisnis itu semata-mata untuk MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP, agar dengan terpenuhi nya kebutuhan tersebut kita jadi lebih mudah meraih derajat KEMULIAAN kita sebagai manusia, INDIKATOR Kemuliaan sebagai seorang muslim tentunya IMAN.. jadi,, carilah bisnis yang bisa benar-benar membawa IMAN kita senantiasa terjaga..  "

Tidak lupa lupa beliau memberikan Tips 7I, tujuh jurus Entreprenuership... antara lain:
  1. IQRA, Banyak bacalah yg tersirat dan tersurat karena dengan banyak membaca  akan mempunyai banyak referensi teori menuju praktek... dengan membaca kita jadi tau apa kebutuhan kita, kebutuhan orang lain, dan kebutuhan masyarakat dan ummat. jadilah muslim yang pintar MEMBACA PELUANG dan MEMBERIKAN SOLUSI.
  2. INTELEGENCE, Melakukan pengolahan kebutuhan-kebutuhan yang ada secara cerdas.
  3. INTUISI, Perlunya action ketika informasi yg kita miliki sangat terbatas... 
  4. ILHAM, jadilah orang yg mengilhami orang lain menuju TAQWA
  5. INISIASI, Jadikanlah Ide dan Ilham itu menjadi AMAL.. 
  6. ISTIQAMAH, walaupun masalah pasti datang bertubi-tubi..karena dititik inilah letak keberhasilan seorang entrepreuner.. apakah tenggelam dalam jurang kematian usaha.. ataukah bisa melewatinya..
  7. INSYA ALLAH, Sadar Diri akan kapasitas kita yang hanya bisa berikhtiar agar senantiasa tawadhu

Setelah dibekali tips en trick wirausaha singkat, para peserta di ajak keliling melakukan edufield mengenai implementasi konsep-konsep bisnis yang sedang beliau kerjakan di Area JonggolFarm.. tentu yang paling menarik perhatian saya adalah deretan kandang Etawa yang bikin ngiler... 

Mungkin acara seperti ini sebenarnya banyak dilakukan ditempat lain atau bahkan pernah dan sering kita ikuti.... namun hanya satu yang bisa saya simpulkan bahwa memang benar "Allah akan meninggikan derajat orang yg berilmu dan beramal sholeh.... " ilmu nya beliau bagi-bagikan terus.. amal dalam menjamu para tamunya juga tidak putus-putus..... mungkin inilah yang menjadi pembeda seorang pa Iqbal yang dengan sukarela mewakafkan waktu dan ilmunya sehari semalam kepada kami agar kondisi ummat ini sedikit lebih baik..

Wallahualam.. Jazakallah pa Iqbal atas semua pengorbanannya .. hanya Allah yang akan membalas semua kebaikan.. smoga virus konsep wirausaha qurani nya semakin menyebar dan mendatangkan keberkahan bagi kita semua, demi terciptakan generasi qurani yang lebih baik .. ... Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar