Kamis, 29 Desember 2011

Resolusi 2012 buat PeternakanSaKaDo ....

Malam ini ga sengaja saat  lagi klak klik channel TV sempet  nyimak sekilas prolog nya Tukul Riyanto yg menyebut soal resolusi 2012 dan satu liputan mengenai konflik agraria di Mesuji Lampung.. dua info TV tersebut cukup membuat termenung.. yang satu terkait mengenai harapan SaKaDo di 2012.. satunya lagi mengenai issue pemberdayaan masyarakat yg memang tidak mudah ketika dikaitkan dengan aspek-aspek bisnis..

Soal Resolusi 2012, terus terang saya baru belakangan memfokuskan diri dengan topik media yg membahas pertumbuhan masyarakat kelas menengah di tanah air. Kalo sebelumnya issue ini saya kaitkan dengan segmen Qurban Premium, kali ini issue kelas menengah tersebut saya kait-kaitkan dengan potensi komsumsi kaum middle class ini yang katanya menyumbang 70% pertumbuhan ekonomi saat ini. Ngutip Periskop nya  koran SINDO, info dari bank dunia katanya 56,5% dari 237 juta populasi Indonesia atau sekitar 134juta masyarakatnya kini masuk kategori kelas menengah, yaitu mereka yang membelanjakan uangnya sekitar $2-$20 per hari.

Masih versi orang, yaitu survei nya AC Nielsen, dari 134jt tsb ada warga kelas menengah premium di indonesia dengan pendapatan per kapita diatas $3000, yg salah satu point survey nya adalah 37% dari total belanja bulanan mereka digunakan untuk membeli PRODUK-PRODUK SEGAR.. jadi kalo ada pilihan antara DAGING BEKU IMPOR vs DAGING LOKAL SEGAR, saya boleh berharap dikit kalo produk-produk PeternakanSaKaDo nantinya bisa terserap oleh kelas menengah ini.. belum lagi jika dikaitkan dengan pola tingkat komsumsi daging di indonesia yang masih rendah.. Kloplah sudah kalo HARAPAN terhadap masa depan sakado masih besar.. apalagi tingkat komsumsi daging masyarakat kita masih kebilang rendah..

Ada lagi PROYEK HARAPAN 2012 yg bisa dijadikan resolusi-resolusian ala Tukul .. misalnya hasil sidak studi banding nada dasar KADO (KAmbing-DOmba) di Cianjur tgl 28 Desember kmarin yang luar biasa membawa pencerahan dan optimisme dalam berkandang.. melihat barisan kandang bambu sederhana yg bisa menampung sampai 2000 ekor kambing domba tentu membawa inspirasi tersendiri buat saya dalam mengelola PeternakanSaKaDo.. belum lagi melihat proyek Jamur tidak jauh rumah dari kenalan baru di Cianjur yang akan menjadi Mitra Strategis saya tersebut.. jadi teringat tetangga sebelah rumah ibu di Bandung yang punya usaha Jamur di Lembang.. WAJIB BIMBEL jamur kayanya sama tetangga dan kenalan baru ini .. siapa tau ada rejeki bisa nyoba-nyoba "Berjamur" untuk  di Soreang/Pangalengan yg udara nya rada-rada adem...

Yg jelas Key Word 2012 yang berhubungan dengan SaKaDo sangat Clear... Middle Class, Compsumtion dan  Culinery pastinya....tentu saja sasaran tembaknya ga jauh-jauh dari area pusat bisnis dan wisata di JaBoDeTaBek-Puncak-Cianjur-Bandung.. dan satu yg menjanjikan.. BANDUNG SELATAN!!! sebagai destinasi wisata masa depan sambil menunggu Tol KOPO-SOREANG kelar..


Seperti halnya saya bermimpi setelah membangun proyek PeternakanSaKaDO adalah memanfaatkan lahan nganggur milik mertua di belakang bangunan Pesantren Bale Endah yang tidak jadi ini.. (soalnya kebanjiran mulu..) ..hmmm yang enak mimpi apa yah kalo area nya kebanjiran gini????,  atau jika resiko kebanjiiran terlalu susah dan tanahnya mau dipake yang lain, mungkin lebih enak  bikin kandang domba lagi di tanah milik sendiri di soreang ini.. ??

Mumpung Mimpi Tidak Di Larang... Mari Kita Sambut 2012 dengan "Mimpi-Mimpi" ... ingat harus "Mimpi-Mimpi!!",  jangan "Cuma Satu" Kalo BerMimpi... siapa ketemu Mimpi Buruk.. kita masih bisa ngarep Mimpi Indah di sisa Jam Tidur lainnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar